STQ Ke.III Tingkat Kabupaten Pesibar Tahun 2023

STQ Ke.III Tingkat Kabupaten Pesibar Tahun 2023 Foto. Herwanto bintangpost.com.

Pesisirbarat (BP) : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) menggelar Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-III tingkat kabupaten setempat tahun 2023.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 6-8 Maret 2023 ini, mengusung tema 'STQ Upaya Melestarikan Khazanah Budaya Islam di Bumi Para Sai Batin dan Ulama dalam Membangun Generasi Qur'anni yang Bermartabat Menuju Kabupaten Pesisir Barat yang Berkualitas", berlangsung di Gedung Serbaguna Guna (GSG) Selalaw Labuhan Jukung, Senin (6/3/2023).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pesisir Barat, A. Zulqoini Syarif, dan diikuti oleh 282 peserta (142 putra, 140 putri) yang berasal dari 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupatrn Pesisir Barat, kepala OPD dan Forkopimda Pesisir Barat, Camat dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/8013/bersama-marga-belimbing-wabup-pesibar-gotong-royong-bersihkan-jalan-way-haru

http://bintangpost.com/read/8009/bupati-pesibar-hadiri-rakornas-pb-dan-pra-bencana

Dalam Laporan Ketua LPTQ Pesibar, Jalaludin yang di wakili oleh Ketua 1 LPTQ, Audi Marpi menyampaikan bahwa, diadakannya kegiatan STQ ini untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi yang terkandung dalam Al-Qur'an. Dan juga, sebagai ajang seleksi di tingkat Kabupaten yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi tingkat Provinsi dengan 6 cabang (Tilawah, Tahfizh, Tafsir, Khotmil Qur’an,  Monitoring Ibadah dan Al-Qur'an (MIQ), dan seleksi Musabaqah Hafiz.

"Dengan kegiatan STQ ini, diharapkan juga mendapatkan bibit-bibit terbaik putra-putri Pesisir Barat yang nantinya akan kami ikut sertakan dalam lomba di tingkat Provinsi. Dan Insya Allah bisa sampai tingkat Nasional dan menjadi juara," jelasnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Pesibar A.Zulqoini Syarif dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap panitia yang sudah menggelar kegiatan tersebut. 

Dia menambahkan, bahwa hal ini merupakan komitmen, dedikasi dan segala ikhtiar yang telah diberikan kepada para alim ulama, qori-qoriah, hafizh-hafizhah, serta seluruh peserta STQ yang ingin meningkatkan kualitas keagamaan mental dan spritual di Kabupaten Pesisir Barat.

"Pemkab Pesibar memberikan kepercayaan penuh kepada para dewan juri dan panitia untuk bekerja secara profesional serta bertanggung jawab. Karena selain mencari bibit-bibit yang akan mewakili Kabupaten Pesibar di tingkat Provinsi, juga merupakan wahana untuk mengetahui sampai dimana penguasaan serta pengamalan akan akidah yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Sehingga bisa digunakan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, untuk kemaslahatan umat dan masyarakat Kabupaten Pesibar," ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati berharap, kegiatan STQ ini bisa menghasilkan Saritilawah Al-Qur'an dan hadist terbaik yang nantinya bisa maju ketingkat Provinsi, dan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Kabupaten Pesibar ini.

"Harapan kami (Pemkab, red), semoga peserta seleksi STQ dapat meraih prestasi yang terbaik, serta membanggakan dan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat. Dan semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari Allah SWT," pungkasnya. (her)










     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesisir Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment