Kreativitas Lansia Pekon Pagelaran Pringsewu Produksi Kain Batik

Kreativitas Lansia Pekon Pagelaran Pringsewu Produksi Kain Batik Foto. Ari bintangpost.com.

Pringsewu (BP) : Kreativitas tak mengenal usia, hal itu ungkapan yang tepat untuk menggambarkan inovasi yang ditampilkan oleh sekelompok lanjut usia (Lansia) di Pekon Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu.

Produksi dari kelompok lansia pekon tersebut yang memproduksi kain batik berkualitas, mendapatkan apresiasi dari Camat Pagelaran.

Keberhasilan ini juga tak lepas dari semangat pantang menyerah serta keahlian dan pengalaman yang dimiliki oleh para lansia. Meskipun usia terus bertambah, semangat dalam menciptakan sesuatu yang baru tetap terjaga, bahkan semakin meningkat. Keadaan yang terbatas dengan ketersediaan alat dan bahan, serta proses produksi manual bukanlah sebuah hambatan bagi mereka.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/8538/pemkab-pringsewu-gelar-seminar-literasi-digital

Seperti yang dikatakan Kepala Pekon Pagelaran, Heri Randi Wijaya kepada awak media mengatakan, kegiatan tersebut adalah kelompok usaha lansia, pengembangan dari sekolah lansia di Pekon Pagelaran Kecamatan Pagelaran.

"Dalam proses produksi, para lansia begitu tekun dan telaten dalam mewarna dan mencetak batik. Diperlukan waktu yang cukup panjang untuk menghasilkan kain batik yang berkualitas dari motif hingga warna yang pas dengan penggunaan pewarna alami," jelasnya.


Hal ini juga menunjukkan, lanjut dia, bahwa produksi kain batik tersebut merupakan usaha yang sangat terhormat dan menuntut ketelitian dan kesabaran," ujar Heri, yang juga sebagai seorang punggawa adat dari kerajaan adat Paksi Pak Sekala Bekhak, Jumat (19/1/2024)

Heri juga menejelaskan, dalam pembuatan batik, para lansia menunjukkan kekayaan estetika daerah. Sebab, motif-motif yang digunakan dipengaruhi oleh kebiasaan serta pandangan hidup dan lingkungan sekitar. Kemampuan para lansia dalam menggabungkan motif yang menampilkan keindahan alam setempat. Mulai dari keindahan sungai, sawah, bukit hingga hutan sekitar, yang menjadi nilai tambah bagi para penikmat batik.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/8524/rakor-psks-dan-pembagian-bantuan-dampak-el-nino-kabupaten-pringsewu

Selain itu, kata dia, keberhasilan produksi kain batik tersebut mendapatkan banyak perhatian dari segenap pihak termasuk Camat Pagelaran yang memberikan apresiasi atas upaya dan kreativitas yang ditampilkan oleh para lansia yang produktif tersebut.

"Dan keberhasilan ini dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi para lansia di seluruh Indonesia, bahwa usia bukanlah penghalang untuk mencapai kesuksesan dalam berkarya," kata dia.

Sedangkan Camat Pagelaran, M Fauzan sangat mengapresiasi karya seni batik yang dihasilkan oleh para lansia tersebut. Kreativitas lansia Pekon Pagelaran dalam memproduksi kain batik merupakan wujud nyata dari semangat pantang menyerah, keahlian dan pengalaman. 

"Ini luar biasa dari program ibu-ibu lansia yang ada di pekon Pagelaran. Saya sebagai Camat memberikan apresiasi yang luar biasa, walaupun mereka kaum lansia tapi mereka orang-orang produktif," ucapnya. 

Keberhasilan produksi kain batik tersebut, Fauzan menambahkan, juga menunjukkan bahwa kreativitas tak mengenal usia dan bisa terus berkembang. Bahkan semakin meningkat seiring bertambahnya usia. 

"Hal ini patut menjadi acuan bagi seluruh masyarakat dalam menghargai kreativitas serta memajukan kesenian dan budaya Indonesia," ujarnya. (ari)






    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment