Pemdes Sumber Jaya Jati Agung Realisasi DD Bangun Akses Jalan Pertanian

Pemdes Sumber Jaya Jati Agung Realisasi DD Bangun Akses Jalan Pertanian Foto. Jito bintangpost.com.

Lampungselatan (BP) : Dalam rangka meningkatkan hasil pertanian dan mempermudah sarana untuk mengangkut hasil pertanian, Pemerintah Desa (Pemdes) Sumber Jaya, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) membangun akses jalan pertanian di 6 titik dalam program Ketahanan pangan, melalui dana desa (DD) tahun 2023.

Kepala Desa Sumber Jaya Idham mengungkapkan, pentingnya membangun akses jalan pertanian ini adalah untuk mempermudah mengakut hasil panen petani.

"Yang jelas untuk meningkatkan hasil pertanian. Selain itu, kalau jalannya rusak juga akan mempengaruhi harga jual," terang Idham, yang di dampingi Pendamping Kabupaten dan Kecamatan, serta perangkat desa, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/8154/diakhir-masa-jabatan-kades-sinar-rejeki-realisasikan-program-ketahanan-pangan

http://bintangpost.com/read/8146/bupati-lamsel-tinjau-jembatan-jebol-di-sumber-jaya-jati-agung

Dia juga menjelaskan, pembangunan jalan pertanian di 6 titik ini tidak sama, ada yang pelebaran jalan, pembuatan talud dan irigasi, dan pembuatan jalan baru. Dengan rincian, pelebaran jalan menjadi 4 M, pembuatan talud dan irigasi kanan kiri dengan panjang kurang lebih 600 M yang terletak di dusun 3. Serta pembuatan jalan baru.


"Pekerjaan di 6 titik ini menghabiskan anggaran Rp96 juta. Dan setiap titiknya memakan biaya anggara Rp16 juta," jelasnya.

Dan dari pekerjaan 6 titik ini, lanjut dia, merupakan hasil kesepakatan dengan seluruh perangkat desa. Mulai tingkat RT, Dusun dan masyarakat yang tanah atau bangun serta pohonnya terkena gusur, supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Saya berharap kepada masyarakat, untuk selalu bergotong royong, merawat dan memelihara jalan yang sudah di bangun ini, agar awet. Dan dalam penggunaannya, jangan sampai rusak di biarkan saja, supaya setiap memanen hasil pertanian tidak mengalami kendala karena jalan rusak," tuturnya. (Jito)











      

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Selatan.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment