Bupati dan Kadis Disparbud Terima Penghargaan TOP BUMD Awards untuk ke-3 kalinya.

Bupati dan Kadis Disparbud Terima Penghargaan TOP BUMD Awards untuk  ke-3 kalinya. Foto : Sis/bintangpost.com.

Kota Agung, (BP) :  Kabupaten Tanggamus kembali menorehkan prestasi dikancah nasional dengan mendapatkan 3 pengahargaan. 

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani mendapatkan penghargaan sebagai TOP Pembina BUMD 2022 tersebut atas peran dan kontribusinya dalam membina dan mendukung BUMD di Kabupaten Tanggamus. Kemudian salah satu OPD nya yaitu Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Tanggamus meraih TOP BUMD Awards 2022 Bintang 4. Selanjutnya Kepala Dinas Parbud Kabupaten Tanggamus Hj. Retno Noviana Damayanti, S.T.,M.T menerima penghargaan TOP CEO BUMD 2022.

Menurut Kepala Disparbud Kabupaten Tanggamus, Hj. Retno Noviana Damayanti, S.T.,M.T ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2022 (Badan Usaha Milik Daerah) diberikan oleh majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian NawaCita (LKN), serta beberapa lembaga tim penilai. Selanjutnya tim penilai ini terdiri dari 3 orang juri yaitu Dr. Melani K. Harriman (Melani K Harriman dan Associate), Hakim Al Hamdy (Pengurus Lembaga Kajian NawaCita (LKN)), Sulistio (Pengurus Lembaga Kajian NawaCita (LKN)) dan system penjurian melalui pemaparan atau presentasi dan wawancara melalui zoom meeting secara online yang dilaksanakan pada tanggal 1 April 2022.

Kepala Dinas Parbud Kabupaten Tanggamus Hj. Retno Noviana Damayanti, S.T.,M.T melakukan pemaparan dengan Tema “Terobosan dan Inovasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat”.

Dalam pemaparan ini menurut Dewan Juri ada dampak positif yang akan ditimbulkan secara tidak langsung kepada masyarakat sekitar yaitu peningkatan pendapatan asli masyarakat (PAM), peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan industri kecil dan menengah yang memanfaatkan produk lokal.

Baca juga : 

Penghargaan ini diserahkan di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (20/4). “Kegiatan TOP BUMD Awards ini, diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak tahun 2016, penyelenggaraan tahun 2022 ini pelaksanan acara tetap mematuhi protokol kesehatan, dimana acara penghargaan ini akan dihadiri 700 peserta termasuk kepala daerah dan TOP manajemen BUMD seluruh Indonesia diselenggarakan dalam 1 sesi. Penghargaan untuk bupati diterima oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani” kata Retno Noviana Damayanti melalui  rilis yang dikirimkan dari Diskominfo Tanggamus.

Dikatakan Retno bahwa tema yang diangkat dalam TOP BUMD Awards 2022 ini adalah “Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD yang berkelanjutan. Ada beberapa BUMD hebat yang meraih penghargaan tertinggi, yakni TOP BUMD level Bintang 5, sekaligus meraih penghargaan paling bergengsi, yakni TOP of The TOP BUMD 2022,” ujar Retno. 

Retno juga menjelaskan  bahwa harapan TOP BUMD Awards adalah semakin banyaknya bermunculan  BUMD hebat yakni BUMD yang terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan usahanya. Penilaian dilakukan terhadap BUMD yang berkinerja baik, kedua banyak melakukan inovasi perbaikan, ketiga agar kinerja dan layananya terus meningkat sehingga BUMD tersebut dapat lebih berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di daerah maupun ditingkat nasional.

“Dinas Pariwisata dan Kebudayaan meraih penghargaan dalam rangka pengembangan Desa Wisata melalui pemberdayaan masyarakat sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli masyarakat sekitar desa wisata.Untuk tahun ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mendapatkan penghargaan bintang empat yaitu predikat terbaik” terang Retno. 

Masih kata Retno dengan didapatnya pengahargaan ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan wisatanya menuju wisata yang maju dan mandiri.(Sis) 

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Tanggamus.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment