Meski Rawan Banjir & Longsor Namun Masih Aman

Meski Rawan Banjir  & Longsor Namun Masih  Aman Kepala BPBD Way Kanan Rusli Stayed (Foto:anggoro/bintangpost.

BINTANGPOST : Meski  cuaca ekstreem dalam beberapa bulan, dan curah hujan sangat tinggi, namun daerah rawan banjir dan longsor di Way Kanan masih dalam katagori aman. Namun demikian Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Waykanan tetap siaga dan melakukan berbagai antisipasi. 

Kepala BPBD Way Kanan Rusli Arsyad mengatakan, berdasarkan mapping, Way Kanan memiliki beberapa daerah langganan bencana mengingat Way Kanan dikelilingi dua sungai besar Way Umpu dan Way Besai, dan sebagian besar pendudukknya bermukim di pinggiran kedua sungai tersebut, atau Kampung Tua. 

Berdasarkan Pengalaman, lanjut Rusli, bencana yang sering terjadi, disamping banjir dan longsor, adalah kebakaran rumah tinggal, karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang isntalasi listrik yang benar dan aman, dan diakui pula Pemda setempat kurang melakukan sosialisasi tentang perlakuan terhadap instalasi listrik yang benar dan aman. 

“Pengalaman yang sudah-sudah bencana yang sering terjadi sebenarnya kebakaran rumah warga, karena masyarakat kita kurang mempunyai kemampuan yang baik, bagaimana mengelola kelistrikan” terangnya, Kamis (1 1/1/2018) 

Sementara mengenai daerah rawan banjir, lanjut Rusli, Kecamatan Negeri Besar, Pakuonratu dan Negriagung, sedangkan daerah Rawan Longsor terletak diKecamatan Rebangrangkas, Banjitdan Kasui. Namun demikian, untuk saat ini diakui Rusli, masih relatif aman. 

“Alhamdullilah, sampai saat ini belum ada kejadian yang mengkhawatirkan begitu juga dengan ancaman longsor, meski begitu, kami terus melakukan pengamatan pemantauan” pungkasnya.(aap)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Waykanan.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment