Aliri Listrik Desa Terpencil di Kabupaten Landak, PLN Kucurkan Investasi Rp 4 Miliar.

Aliri Listrik Desa Terpencil di Kabupaten Landak, PLN Kucurkan Investasi Rp 4 Miliar. Foto :Ist/humaspln.

"Listrik tak hanya memberikan terang, tetapi juga akan memudahkan 387 pelanggan PLN dalam melakukan berbagai aktivitas dan mendorong roda perekonomian."
 
KALIMANTAN BARAT-BINTANGPOST : Memasuki momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, PT PLN Persero melistriki dua dusun di Desa Sebirang dan tiga dusun di Desa Amboyo Selatan, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Untuk melistriki lima dusun tersebut, PLN mengucurkan dana investasi lebih dari Rp 4 miliar. 
 
Demi menyalurkan listrik ke lima dusun tersebut, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 8,75 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 17,68 kms, serta 4 unit  gardu distribusi dengan total kapasitas sebesar 460 kVA.
 
Saat ini sudah ada 387 pelanggan di Dusun Sebirang dan Dusun Kota Baru di Desa Sebirang dan Dusun Tareng, Damar, serta Sebua di Desa Amboyo Selatan teraliri listrik. Adapun di wilayah tersebut terdapat 780 potensi pelanggan. 
 
General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Barat (UIW Kalbar), Ari Dartomo menyampaikan, keberhasilan PLN mengalirkan listrik ke lima dusun ini diharapkan dapat menjadi kado akhir tahun bagi warga. Listrik tak hanya memberikan terang, tetapi juga akan memudahkan masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas dan mendorong roda perekonomian.
 
"Dengan hadirnya listrik PLN ini kami berharap aktivitas warga jadi semakin mudah, dan tentunya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Sebirang dan Desa Amboyo Selatan, serta desa-desa di sekitarnya," kata Ari.

Selanjutnya Ari mengimbau masyarakat untuk menggunakan listrik secara bijak dan benar serta memperhatikan aspek keselamatan ketenagalistrikan di lingkungan masing-masing. 
 
"Kalau mau mengurus permohonan pasang baru listrik sebaiknya datang langsung ke unit layanan PLN terdekat atau lewat aplikasi PLN Mobile. Silakan _download_ secara gratis aplikasi PLN Mobile di PlayStore bagi pengguna Android dan di AppStore bagi pengguna IOS," imbuh Ari.
 
Di sisi lain, Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengucapkan terima kasih atas masuknya listrik di beberapa desa dan dusun yang ada di Kabupaten Landak. Sebelumnya dia pun mengaku terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan PLN dan pihak terkait agar listrik dapat masuk ke desa-desa yang belum berlistrik di Kabupaten Landak. 
 
"Ini menjadi kado terindah jelang perayaan natal dan tahun baru bagi ratusan rumah warga di Desa Sebirang dan Desa Amboyo Selatan," ujarnya.
 
Karolin pun berharap agar sinergi yang terjalin antara PLN, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Pemerintah Kabupaten Landak yang sudah terjalin dengan baik dapat terus ditingkatkan di waktu yang akan datang. Tak Lupa, Karolin mengingatkan kepada masyarakat agar mendukung bisnis yang dijalankan oleh PLN sehingga dapat terus melayani kebutuhan listrik masyarakat.
 
"Jangan menunggak pembayaran rekening listrik, jangan mencuri listrik, jika itu dilakukan berarti kita menghalangi hak orang lain yang butuh listrik," ucap Karolin.
 
Sementara itu, Kepala Desa Sebirang, Sunardi, tak mampu menahan rasa harunya dengan adanya listrik yang masuk ke Desa Sebirang. Dengan adanya listrik PLN, aktivitas warga jadi semakin mudah, ekonomi masyarakat akan terus meningkat, anak-anak pun jadi semakin mudah belajar di rumah.
 
"Atas nama warga Desa Sebirang, saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada PLN dan Pemerintah yang telah mengalirkan listrik di desa kami. Dengan adanya listrik PLN ini, tentunya dapat mendorong peningkatan ekonomi warga Desa Sebirang, serta desa-desa sekitarnya," tutur Sunardi.(*) 

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Utara.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment