Telaga Gupit Lokasi Wisata Baru Kabupaten Pringsewu

Telaga Gupit Lokasi Wisata Baru Kabupaten Pringsewu Lokasi wisata Telaga Gupit Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu.

BINTANGPOST : Kabupaten Pringsewu menambah lagi satu destinasi wisata baru dengan diresmikannya Taman Wisata Telaga Gupit di Pekon Mataram Kecamatan Gadingrejo kabupaten setempat.

Pembukaan kawasan wisata baru tersebut ditandai dengan diresmikannya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pekon setempat sebagai pengelola. Serta acara selamatan (Kenduri) oleh paguyuban petani pengguna air dan masyarakat empat desa yang berada di wilayah Telaga Gupit.

Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Pringsewu Syamsir Kasim dalam sambutannya mengatakan, dengan dibukanya Taman Wisata Telaga Gupit ini diharapkan banyak pengunjung yang datang untuk berwisata ke Telaga ini. Sehingga nantinya, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar lokasi wisata Telaga Gupit. 

"Tentunya Pemerintah Kabupaten Pringsewu siap mendukung upaya-upaya masyarakat, dalam rangka memajukan pembangunan Kabupaten Pringsewu. Terutama pembangunan di sektor kepariwisataan, seperti lokasi wisata Telaga Gupit ini," ujarnya.

Dia mengungkapkan, kawasan Telaga Gupit ini sebenarnya sudah sejak lama dikenal masyarakat Pringsewu sebagai tempat untuk berwisata. Namun karena belum adanya sarana dan prasarana penunjang, tempat ini belum bisa dikelola dengan baik.

"Ini merupakan langkah awal dari Pemkab Pringsewu, dengan membangun Telaga Gupit ini menjadikan lokasi wisata. Untuk itu, diharapkan peran serta masyarakat sekitar, agar dapat menjaga dan mengelola lokasi wisata ini dengan baik. Sehingga lokasi wisata ini akan menjadi salah satu lokasi wisata pilihan masyarakat, baik masyarakat Pringsewu maupun masyarakat dari kabupaten lain," ungkapnya.


Syamsir menambahkan, direncanakan kedepannya kawasan wisata ini akan terus dikembangkan, karena memang lahan yang berada dikawasan danau ini masih sangat luas. Dan bila memungkinkan, rencananya nanti akan dibuat wisata terpadu antara Telaga Gupit dengan Pura Bukit Hindu Giri Sutra Mandala yang berada di sisi timur dan utara danau Telaga Gupit ini, pungkasnya. 

Dalam acara peresmian tersebut, turut pula hadir anggota DPRD Kabupaten Pringsewu Anton Subagyo dan Joko Nugroho, Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Pringsewu Syamsir Kasim. Dihadiri juga oleh Kepala Pekon Mataram dan Tegalsari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, serta Kepala Desa Pujo Rahayu dan  Karangrejo Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran.

Diketahui, untuk dapat menikmati keindahan alam di Taman Wisata Telaga Gupit tersebut, pengunjung hanya akan dipungut biaya tiket masuk sebesar Rp2000 per orang, ditambah dengan biaya parkir kendaraan.

Didalam area lokasi wisata tersebut, para pengunjung dapat menikmati pemandangan alamalam yang masih alami. Selain itu, dilokasi tersebut diisi dengan fasilitas saung atau gazebo dan kios cinderamata, hasil dari kerajinan warga setempat. (Cikhan)


Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment