Pringsewu Menjadi Kabupaten ODF Pertama Di Pulau Sumatera

Pringsewu Menjadi Kabupaten ODF Pertama Di Pulau Sumatera Foto bersama Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu, dalam acara deklarasi Kabupaten Pringsewu sebagai kabupaten ODF pertama di Provinsi Lampung.

BINTANGPOST : Setelah sukses dengan mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau daerah bebas buang air besar sembarangan (Stop BABS) diseluruh Pekon dan Kecamatan yang ada dikabupaten Pringsewu, menjadikan Kabupaten tersebut sebagai Kabupaten pertama diprovinsi Lampung bahkan dipulau Sumatera menyandang predikat daerah ODF pertama.

Menurut Bupati Pringsewu Hi. Sujadi yang mengatakan dalam sambutan pendeklarasian Pringsewu sebagai Kabupaten ODF yang digelar dilapangan Pemkab setempat menuturkan. Keberhasilan Pringsewu sebagai Kabupaten ODF merupakan hasil kerja keras yang sinergis dari semua pihak.

"Ini merupakan keberhasilan bersama dari semua pihak, yang sudah bekerja keras menjadikan kabupaten Pringsewu sebagai Kabupaten ODF pertama di Provinsi Lampung," ujar Bupati yang didampingi wakil bupati Pringsewu Hi. Fauzi, Jumat (29/12).

Dia juga mengatakan, dengan telah berhasil dideklarasikannya Kabupaten Pringsewu sebagai Kabupaten ODF tersebut, diharapkan kedepannya kabupaten Pringsewu menjadi kabupaten yang sehat dapat segera terwujud. 

"Saya berharap, kekompakan dan kerjasama yang saling sinergis ini, dapat terus ditingkatkan. Terutama dalam upaya menuju Kabupaten Pringsewu sebagai kabupaten yang sehat," ungkapnya.

Selain dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu, pendeklarasian kabupaten Pringsewu sebagai Kabupaten ODF tersebut dihadiri juga jajaran Forkopimda dan jajaran pemerintah kabupaten Pringsewu. Dan juga, turut pula hadir tim fasilitator dan SNV, beserta jajaran instansi dan stakeholder terkait.

Diketahui sebelumnya, pendeklarasian ODF tersebut didahului dengan pendeklarasian di seluruh pekon dan seluruh kecamatan se-Kabupaten Pringsewu sebagai pekon dan kecamatan ODF. Dan kemudian dilakukan penandatanganan perjanjian oleh seluruh kepala pekon, untuk menjadikan Pekon yang ada dikabupaten tersebut sebagai Pekon bebas buang air besar sembarangan (Stop BABS) dengan menjalankan program kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Kabupaten Pringsewu. (Cikhan)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment