Tiga Kecamatan Deklarasi ODF Stop BABS

Tiga Kecamatan Deklarasi ODF Stop BABS Deklarasi ODF atau Stop BABS tiga Kecamatan.

BINTANGPOST : Tiga Kecamatan di Kabupaten Pringsewu menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau terbebas dari buang air besar sembarangan (Stop BABS), yang bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Sukoharjo kabupaten setempat, Kamis(28/12).

Ketiga kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Sukoharjo, Kecamatan Adiluwih, dan Kecamatan Banyumas. 

Camat Sukoharjo Drs. Joko Hermanto, MM mengatakan dalam sambutannya bahwa, kegiatan deklarasi ODF ini diikuti oleh 40 Pekon dari tiga kecamatan tersebut. Diantaranya, 16 Pekon dari Kecamatan Sukoharjo, 11 Pekon dari Kecamatan Banyumas, dan 13 Pekon dari Kecamatan Adiluwih. 

Menurutnya, deklarasi Stop BABS atau ODF ini juga merupakan wujud pemberdayaan masyarakat Pekon di tiga kecamatan tersebut. Dengan menciptakan kemandirian, yang mampu merubah perilaku hidup sehat dan bersih dari masyarakat yang buang air besar disembarang tempat menjadi buang air besar dijamban yang sehat.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen bersama dari masyarakat pekon tiga kecamatan ini, sebagai upaya dalam pencegahan penyakit yang sering timbul melalui lingkungan. Dengan cara pola hidup bersih dan sehat, sesuai dengan program pemerintah yang saat ini sedang dijalankan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Sukoharjo Nuriyanto menjelaskan, kegiatan ini merupakan program pemerintah untuk menciptakan keluarga dan lingkungan yang sehat. Salah satunya Stop BABS atau ODF ini, yang sedang digalakan oleh pemerintah.

"Ini merupakan program pemerintah yang sedang digalakan. Karena program ini adalah salah satu upaya untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, dalam menciptakan keluarga dan lingkungan yang sehat," jelasnya.

Dia juga mengungkapkan, saat ini sudah banyak desa atau pekon yang mendapat sertifikat desa/pekon ODF, karena warga desa atau pekon tersebut sudah tidak ada lagi yang BAB sembarangan. 

"Desa atau pekon yang mendapatkan sertifikat ODF ini, karena semua warganya sudah sadar dengan kesehatannya, seperti dengan buang air besar dijamban yang sudah disiapkan, disetiap pekon yang melakukan deklarasi ODF ini," ungkapnya, saat ditemui media usai acara tersebut.

Diketahui, seluruh Pekon dari tiga Kecamatan tersebut membacakan Ikrar deklarasi secara bersama-sama yang berbunyi, mengaku siap u tuk menerapkan Stop BABS masyarakat, melalui metode pendekatan dan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

Kemudian, mendukung terwujudnya program sanitasi total berbasis masyarakat (STBM), menuju universal access 2019, siap untuk menumbuh kembangkan semangat kemandirian masyarakat di wilayahnya, dan siap melayani aspirasi masyarakat. semoga tekad kami ini akan mendapatkan kemudahan dan ridho dari Allah SWT.

Dalam acara tersebut, selain dihadiri oleh Camat Sukoharjo, turut pula hadir Asisten 1 Bidang Pemerintahan Drs. Zuhairi, Kadis Kesehatan Pringsewu Purhadi, Tim STBM Kabupaten Pringsewu, dan jajaran Uspika dari tiga Kecamatan. Dan juga dihadiri oleh seluruh Kepala Pekon, Sekretaris Pekon, Babinsa, Babinkamtimas pekon Kecamatan Sukoharjo, Adiluwih dan Banyumas. (Cikhan)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment