Pemerataan SDM, Bupati Pesawaran Akan re-Organisasi Tenaga Kesehatan

Pemerataan SDM, Bupati Pesawaran Akan re-Organisasi Tenaga Kesehatan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat meninjau pelayanan kesehatan di Puskesmas Bernung kecamatan Gedong Tataan.

BINTANGPOST : Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona akan mereorganisasi pegawai kesehatan yang ada dikabupaten Pesawaran, sebagai langkah dalam pemerataan sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan yang ada dikabupaten setempat.

Hal tersebut dikatakan Bupati Pesawaran saat meninjau pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Bernung kecamatan Gedong Tataan Kabupaten setempat. Dan mendapati banyaknya pegawai tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut

"Jumlah pegawai di Puskesmas ini ada 103 orang, sedangkan bangunanya kecil. Makanya perlu ada reorganisasi di  Puskesmas ini," ujar Dendi kepada bintangpost.com, usai meninjau pelayanan Puskesmas Bernung, Senin (22/1/2018).

Menurut Bupati, reorganisasi tersebut dilakukan, lantaran perlu dilakukan pemerataan pegawai guna memaksimalkan pelayan kesehatan terhadap masyarakat.

"Pegawai di Puskesmas Kabupaten  Pesawaran masih ada yang kekurangan tenaga medis. Dan untuk memaksimalkan pelayanan tersebut terhadap masyarakat, perlu pemeratan tenaga medis disetiap Puskesmas yang ada," katanya. 

Selain itu, lanjut Dendi, Pemkab Pesawaran saat ini juga masih akan terus meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas Bernung. Khususnya lahan parkir di puskesmas tersebut, yang katanya kurang efektif.

"Kami (Pemkab) masih terkendala terkait harga tanah. Namun hal ini akan menjadi perhatian kami selaku Pemerintah Daerah, untuk menyediakan lahan parkir di Puskesmas Bernung ini," ungkapnya. 

Dia juga menjelaskan bahwa, sebelumnya pihaknya sudah menyiapkan anggaran untuk pembebasan lahan buat areal parkir dipuskesmas tersebut. Namun tidak menemui kesepakatan, karena harga yang ditawarkan oleh pemilik tanah tidak sesuai dengan aturan.

"Pada tahun ini (2018) akan kita upayakan lagi pembebesan lahan untuk areal parkir Puskesmas ini," terangnya.

Selain itu, tambahnya, tahun ini kita juga akan membangun tiga Puskesmas rawat inap, yaitu Puskesmas Way Khilau, Way Ratai dan Tegineneng, dan anggaran sudah kami siapkan. Dan juga, melanjutkan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pesawaran. Sehingga pada tahun 2018 ini, diharapkan seluruh infrakstuktur di RSUD tersebut terpenuhi. 

"Selain pembangunan tiga puskesmas  rawat inap, tahun ini RSUD Pesawaran akan kita lanjutkan pembangunannya dan memenuhi seluruh kebutuhan alat kesehatannya. Dan hal ini akan menjadi fokus kita, karena saya tidak mau ada proyek yang terbengkalai. Jadi akan kita lanjutkan, sesuai dengan set plan dan rencana awal," pungkasnya. (Reft)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment