Tiga Pekon di Lambar Masuk Kategori Pekon Cantik Sensus Penduduk Tahun 2020

Tiga Pekon di Lambar Masuk Kategori Pekon Cantik Sensus Penduduk Tahun 2020 Foto. Herwanto bintangpost.com.

Lampung Barat (BP) : Tiga pekon di Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terpilih menjadi Pekon (Desa) Cantik dalam program inisiatif implementasi pembinaan statistik sektoral oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020.

Hal itu diketahui, dalam rapat koordinasi (Rakor) Sensus Penduduk tahun 2022, sebagai lanjutan dari Rakor Sensus penduduk 2020 lalu, yang digelar di Aula Hotel Sari Rasa kabupaten setempat, Selasa (28/6/2022).

Ketiga pekon tersebut di antaranya adalah, Pekon Pampangan Kecamatan sekincau, Pekon Puralaksana Kecamatan Way Tenong, Pekon Sebarus Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7043/klarifikasi-lapangan-lomba-desapekon-tingkat-provinsi-lampung-tahun-2022

http://bintangpost.com/read/7035/launching-cfd-kabupaten-lambar

Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin yang hadir dalam rakor tersebut menyampaikan, Desa Cantik ini merupakan program inisiatif yang mudah dan cepat di capai (Quick Wins), sebagai implementasi pembinaan statistik sektoral oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 lalu.


Program ini juga, kata Wabup, berfokus kepada desa melalui standarisasi pengelolaan data statistik, untuk menjaga kualitas dan perbandingan data, optimalisasi penggunaan dan manfaat data statistik dalam pembangunan desa. Serta meningkatkan kesadaran dan peran aktif perangkat desa dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. 

"Terdapat 100 desa cantik yang menjadi target pembinaan statistik secara nasional dalam Program Desa Cantik yang dilaksanakan ini. Dan pada tahun 2022 ini, akan dilanjutkan program pembinaan Desa Cinta statistik, yang secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa/kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa," ujarnya. 

Hal itu dalam rangka mengentaskan kemiskinan, melalui pengelolaan data yang bersifat pemenuhan kebutuhan, pengembangan pendataan yang sesuai dengan potensi desa (kearifan lokal), implementasi pemanfaatan data dalam kebijakan pembangunan desa, dan peningkatan literasi statistik masyarakat desa, ungkapnya.

Sementara itu, pada kesempatan itu Kepala BPS Lambar Ir. Nasrullah Arsyad mengharapkan, penyelenggaraan rakor ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta dengan sebak-baiknya. 

Karena dalam rakor ini, lanjut dia, sebagai lanjutan Rakor Sensus Penduduk tahun 2020 lalu, tentang Pencanangan Desa Cantik Kabupaten Lampung Barat yang bertujuan untuk menggali kembali data-data, baik dari jumlah, komposisi, persebaran dan karakteristik penduduk.

"Hal ini sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah demi tercapainya SDGs Desa (Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan). Sehingga apa yang menjadi harapan kita terkait Satu Data Untuk Indonesia, dapat diwujudkan untuk pembangunan di Kabupaten Lampung Barat," jelasnya.

Turut hadir dalam Rakor tersebut, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, SE, MP, Perwakil Kodim 0422 Lambar, Kepala Perangkat Daerah, Para Camat dan Para Peratin. (her)


    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment