Pekon Pandansari Laksanakan Program Padat Karya Tunai

Pekon Pandansari Laksanakan Program Padat Karya Tunai foto :cikhan/bintangpost.com.

BINTANGPOST : Pemerintah Pekon Pandansari Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu melaksanaan Padat Karya Tunai bersama masyarakat, di Dusun 4 Pekon Pandansari Sabtu(2/6/2018). Kepala Pekon Pandansari Dasikin kepada bintangpost.com menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. “Kita bersama masyarakat  selama lima hari mengarjakan pembangunan drainase talud. Di dusun ini kita tahu sisi kanan dan kiri  sudah mulai lonsor dikarenakan daerah ini adalah daerah Persawahan”ujarnya.

Menurut Dasikin, banyak manfaat yang diperoleh dari program padat karya tunai ini, karena semuanya memanfaatkan sumberdaya lokal. “Seperti yang kita tahu bersama bahwa program padat karya tunai desa  merupakan  program yang mengutamakan sumber daya lokal,tenaga kerja lokal,dan teknologi lokal desa. Artinya banyak sekali manfaat yang bisa di rasakan masyarakat jika program ini berjalan dengan baik”tegas Dasikin.

Ditambahkan oleh Kepala Pekon Pandansari, beberapa manfaat dari padat karya tunai desa, diantaranya meningkatkan produksi dan nilai tambah, perluasan kesempatan kerja, penciptaan upah/tambahan pendapatan, Perluasan mutu dan akses pelayanan dasar, Penurunan angka stunting,dan Terbukanya desa terisolir.

Sementara itu, Pendamping desa Fitrah Giajaldi,  mengatakan  dalam SKB 4 Menteri disebutkan bahwa penggunaan Dana Desa di fokuskan pada pengurangan angka pengangguran,stunting (gizi buruk),urbanisasi dan kesenjangan.Artinya, lanjut Fitra,  setiap Desa wajib Padat Karya Tunai ( Cash for work ). “Dalam diktum (1) angka (6) huruf (c) di katakan : Fasilitasi penggunaan Dana Desa untuk kegiatan pembangunan Desa paling sedikit 30% (tiga puluh persen) wajib digunakan untuk membayar upah masyarakat dalam rangka menciptakan lapangan kerja di Desa. Artinya berdasarkan diktum tersebut,kita hanya wajib menfasilitasi dana yang bersumber dari Dana Desa untuk upah paling sedikit 30%.”Pungkasnya.(Cikhan)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment