Rutan Mengala Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Rutan Mengala Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Foto. Ist bintangpost.com.

TULANGBAWANG-BINTANGPOST : Rumah tahanan (Rutan) negara Kelas IIB Mengala bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Tulang Bawang, menggelar sosialisasi dan simulasi penanggulangan kebakaran.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Rutan setempat, kamis (7/10/2021).

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/5287/lapas-kota-agung-gelar-pelatihan-ert

http://bintangpost.com/read/5225/lapas-kalianda-deklarasikan-perang-terhadap-alat-komunikasi-ilegal-dan-narkoba

Kepala Rutan Menggala, Gowim Mahali menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh petugas Rutan ini, dalam mengantisipasi musibah kebakaran, seperti yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang berapa waktu lalu.

"Kegiatan ini sebagai langkah antisipasi, serta membekali para petugas Rutan Menggala, jika nanti terjadi musibah yang tidak kita inginkan. Sehingga para petugas ini bisa memahami dan mengerti bagaimana cara menanggulangi dalam memadamkan api dan evakuasi," ujar Karutan Menggala.


Gowim menambahkan, kegiatan ini akan di adakan setiap enam bulan sekali, yang akan diberikan kepada seluruh petugas Rutan Menggala. Sehingga para petugas mengerti dan faham dalam penanggulangan musibah bencana kebakaran. 

"Selain itu, kami pihak Rutan juga selalu memberikan himbauan kepada seluruh warga binaan, jangan sampai mencuri- curi listrik, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingikan," ucapnya.


Sementara itu Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kabupaten Tulang Bawang, Ishak menuturkan, pada kesempatan tersebut pihaknya memberikan pemahaman kepada petugas rutan tentang cara memadamkan api mengunakan Alat Pemadam Kebakaran (APAR). 

Selain itu, kata dia, memberikan pemahaman tentang pemeliharaan, serta rutin mengecek alat-alat pemadam seperti APAR ini.

"Alhamdulillah, Rumah Tahanan Mengala ini sudah ada APAR nya. Sehingga kita bisa memberikan pamahaman tentang pemadaman dengan menggunakan APAR, dan cara dalam pemeliharaannya," ungkapnya. (red)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Tulang Bawang.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment