Peringatan HKN Tahun 2021 Kabupaten Lampung Barat

Peringatan HKN Tahun 2021 Kabupaten Lampung Barat Foto. Herwanto bintangpost.com.

LAMPUNGBARAT-BINTANGPOST : Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus membuka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tahun 2021 kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut dipusatkan di UPTD Puskesmas Rawat Inap Pajarbulan Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lambar, Jumat (27/11/2021).

Turut hadir, Wakil Bupati Lambar, Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lambar, Edi Novial, jajaran Forkopimda, jajaran kepala OPD, para asisten, camat dan kepala Puskesmas se-kabupaten setempat. Dan diikuti ratusan masyarakat.


Diketahui, rangkaian kegiatan HKN ke-57 Pemkab Lambar tersebut, dilakukan sesuai dengan potensi yang ada. Salah satu kegiatan yang diadakan diantaranya yaitu jalan sehat dengan diikuti 500 anak milenial dari siswa SMP, SMA dan tenaga kesehatan. 

Selain itu, turut juga dikakukan Deklarasi Kabupaten ODF Tahun 2021 secara Virtual, dengan Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, dan dihadiri oleh Dinas Kesehatan Propinsi Lampung, serta seluruh Camat dan Peratin secara virtual.

"Peringatan HKN ke-57 ini sebagai momentum untuk bersyukur, karena Lampung Barat menjadi salah satu kabupaten yang berhasil memperoleh penghargaan percepatan stop buang air besar sembarangan (SBS) tahun 2021, natural leader terbaik, peratin terbaik, serta sani tarian terbaik pada ajang STBM award di masa pandemi covid 19," ujar Bupati. 

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/5582/pengurus-pmi-kecamatan-se-kabupaten-lampung-barat-dilantik

http://bintangpost.com/read/5483/bupati-parosil-tinjau-vaksinasi-di-smpn-1-gedung-surian

Sesuai tema HKN tahun ini, lanjut Bupati, sehat negeriku tumbuh indonesiaku, diharapkan menjadi penyemangat bangkit dengan terus disiplin menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan. Dan meningkatkan target capaian vaksinasi covid-19.

Dan dalam pencapaian target pembangunan yang telah dituangkan dalam RPJMD, kata Bupati, serta Pitu Program Bupati khususnya di sektor kesehatan. Mempunyai peran dan tanggungjawab dalam upaya pelaksanaan 'Pelayanan Masyarakat Sehat' secara konkrit.

"Salah satunya, dengan upaya yang telah dilakukan yakni program unggulan Bupati Lampung Barat Ambulan Hebat. dilengkapi 13 unit armada, 45 tenaga kesehatan serta 30 orang supir yang terintegrasi dengan PSC dengan 1 ambulan PSC dan 1 supir PSC program beasiswa mahasiwa kedokteran sejumlah 9 orang," terangnya. 


Selain itu, Kabupaten Lambar dalam peningkatan sumberdaya manusia telah memiliki 119 orang tenaga, yang terdiri dari dokter 10 orang, bidan 70 orang, perawat 25 orang dan 14 orang tenaga lainnya yang tersebar di 15 Puskesmas. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapat pelayanan kesehatan di puskesmas, dimana 15 puskesmas saat ini sudah menjadi puskesmas rawat inap.

"Dalam rangka memperingati HKN ke-57 yang diwarnai dengan deklarasi sebagai kabupaten ODF (stop buang air besar sembarangan secara berkelanjutan) sesuai dengan program nasional universal access dan SDGs 2030. Guna menurunkan angka kejadian diare dan meningkatkan hygienitas dan kualitas kehidupan masyarakat Lambar khususnya," tuturnya. 

Dan juga, tambah Bupati, pelaksanaan vaksinasi dalam rangka peringatan HKN ke-57, merupakan momentum untuk kembali mengedukasi, mengubah perilaku meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi covid-19. Sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era adaptasi kebiasaan baru.

Sedangkan Kepala Dinkes Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan menambahkan, dilaksanakannya HKN ini sebagai momentum penyatuan tekad dan semangat sehat negeriku tumbuh Indonesiaku untuk memperjuangkan ketahanan kesehatan. 

"Sekaligus sebagai pengingat, edukasi serta menumbuhkan partisipasi masyarakat, agar berperan aktif dalam upaya kesehatan. Dengan menguatkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan target cakupan vaksinasi Covid-19," ungkapnya.

Diketahui juga, pada peringatan HKN tahun 2021 ini, Bupati Parosil menyerahkan Doorprize berupa dua unit sepeda dan beberapa hadiah hiburan lainnga, kepada empat orang pemenang yang berhasil menjawab pertanyaan terkait dengan tujuh program Bupati.

Diakhir kegiatan, dilakukan peresmian Gedung UPT Puskesmas Rawat Inap Pajar Bulan Kecamatan Way Tenong, yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti. [Herwanto]

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment