Ramadhan Bulan Penuh Keberkahan, Saatnya Memperbaiki Kualitas Iman

Ramadhan Bulan Penuh Keberkahan, Saatnya Memperbaiki Kualitas Iman Foto. Net.

Oleh: Silvia Anggraeni, S.Pd

Bintangpost : Marhaban ya Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan. Allah Swt berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Beberapa hari telah terlewati, di bulan Ramadhan yang mulia ini. Suasana khas Ramadhan pun menyeruak menampakkan kegembiraan, mulai dari alunan ayat suci Al Quran yang menggema di setiap masjid, hingga berjejernya takjil yang dijajakan para penjual untuk hidangan berbuka puasa. Keceriaan Ramadhan turut membawa berkah yang tak terkira bagi seluruh manusia.

Terutama bagi muslim yang menjalankannya. Ramadhan bukan hanya sekedar waktu menempa fisik dengan menahan lapar dan dahaga. Ramadhan memiliki makna yang jauh lebih penting, yaitu waktu untuk melejitkan iman dan takwa. Sebab pada bulan ini terdapat banyak keutamaan. Di antaranya adalah bulan turunnya Al-Qur'an. Peristiwa ini Allah abadikan dalam surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya: "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).

Baca Juga :

https://bintangpost.com/read/8425/berharganya-nyawa-manusia-hanya-dalam-islam

Selanjutnya dalam bulan Ramadhan juga ada sebuah malam yang kebaikannya melebihi seribu bulan, ialah malam Lailatul Qadar. Hal ini terdapat dalam firman Allah yang artinya: Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada Lailatul Qadar. Tahukah kamu apakah Lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr: 1-5)

Inilah Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Seperti hadits nabi Saw yang artinya: "Dari Abu Hurairah RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: 'Telah datang kepada kalian Ramadhan bulan penuh berkah (syahrun mubarokun), Allah Azza wa Jalla telah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya."

Di mana pintu ampunan selalu terbuka, Rasulullah Saw bersabda: "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

Sungguh Ramadhan adalah bulan yang penuh kemenangan. Tentu saja kemenangan bagi orang yang berjuang. Berjuang untuk mendapatkan ridho Allah Swt. Dan Ramadhan adalah waktu untuk meningkatkan keimanan. Dengan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Melalui berbagai ibadah wajib maupun sunnah. Dan juga mempelajari Al-Qur'an secara mendalam. Karena pada bulan ini pula Allah menurunkan kitab suci Al-Qur'an. Sebagai muslim sudah seharusnya bersyukur dengan peristiwa ini, sebab Al-Qur'an adalah petunjuk hidup bagi umat manusia.

Dan sikap seorang muslim seharusnya tak hanya memperingatinya sebatas seremonial semata. Melainkan bersungguh-sungguh berusaha untuk menerapkan Al-Qur'an secara sempurna dalam seluruh aspek kehidupannya. Karena Al-Qur'an adalah petunjuk hidup, maka jika ingin selamat dalam hidup di dunia dan akhirat haruslah menjadikan Al-Qur'an sebagai jalan hidupnya. Dan ini adalah suatu bukti keimanan yang nyata.

Allahu alam bisshowab









    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Bandar Lampung.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment