Mahasiswa Unila Edukasi Warga Pakuanratu Manfaatkan Perkarangan

Mahasiswa Unila Edukasi Warga Pakuanratu Manfaatkan Perkarangan Foto. Red bintangpost.com.

Waykanan (BP) : Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode 1 Tahun 2023, di Desa Negara Ratu, Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Way Kanan.

Dalam KKN tersebut, para mahasiswa Unila ini melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat, dengan memberikan edukasi bagaimana memanfaatkan perkarangan untuk ditanami sayur mayur.

Para Mahasiswa KKN, juga melakukan percobaan penanaman jenis tanaman sayuran di polybag, yang nantinya bisa bermanfaat untuk pemenuhan pangan dan gizi masyarakat dengan tetap memperhatikan keasrian halaman rumah. 

Diketahui, adapun tanaman yang ditanam oleh mahasiswa KKN yakni, tanaman sayuran seperti cabai dan terong. Dengan lahan percontohan yang dipakai oleh mahasiswa ini adalah lahan kosong, yang berada disamping Gedung Serba Guna (GSG) Tinera Desa Negera Ratu, agar masyarakat mudah untuk untuk belajar bersama.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7874/berharap-sejahtera-di-negeri-sendiri

http://bintangpost.com/read/7871/bsmi-lantik-pengurus-provinsi-dan-kabupatenkota-se-lampung

Salah satu Mahasiswa KKN Fakultas Pertanian Unila, Siti Hafsyoh Aldilla (Agribisnis 20) menjelaskan, bercocok tanam merupakan program yang memiliki manfaat untuk masyarakat. Dimana pihaknya memberikan edukasi dari pelajaran yang di dapatkan di kampus, kepada masyarakat.

"Selain memberikan percontohan penanaman sayuran, kami juga memberikan pelatihan untuk merawat tanaman sayuran secara sederhana. Seperti cara pemberian dan komposisi pupuk yang benar, serta penanganan hama penyakit tanaman," jelasnya.

Dia berharap, semoga dengan dilakukan kegiatan ini dapat menjadi acuan, ataupun bahan percontohan bagi masyarakat.

"Sehingga nantinya, masyarakat bisa memanfaatkan lahan perkarangannya masing-masing. Agar dapat memenuhi kebutuhan konsumsi sayuran," tuturnya. 


Sementara itu, Vernanda Saktilas (Agronomi 20) menambahkan, menanam sayuran selain memberikan efek kesehatan jika dikonsumsi, juga bisa melestarikan lingkungan sekitar.

Menurut dia, penanaman tanaman pangan, memberi contoh untuk memanfaatkan lahan-lahan yang belum diberdayakan, dan mengisinya dengan tanaman-tanaman yang sifatnya tidak terlalu lama untuk dipanen.

"Ini merupakan untuk kepentingan masyarakat. Karena dengan tanam sayur ini, nantinya bisa bermanfaat untuk pemenuhan pangan dan gizi masyarakat, dengan tetap memperhatikan keasrian halaman rumah," ucapnya.

Sementara itu, Pj. Kepala Kampung Negara Ratu, Ria Kartika Sari, S.Pdi dalam kesempatan itu sangat menyambut baik atas kedatangan mahasiswa KKN di desanya tersebut.

Dia juga berharap, mahasiswa ini bisa bekerjasama dengan masyarakat, dengan memberikan ilmu-ilmunya yang didapat kepada warga desa setempat.

"Semoga apa yang sudah dilakukan bersama mahasiswa ini bisa diteruskan dan bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

Diketahui, selain melakukan tanam sayur dengan memanfaatkan perkarangan rumah, para mahasiwa kelompok KKN Unila di desa itu juga mengadakan kegiatan olahraga tournamen badminton. Dan juga penanaman tanaman buah bersama kelompok tani, serta bersih-bersih lingkungan dan lainnya. (red/rls)








     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Waykanan.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment