Pemkab Pesibar Luncurkan Penerapan Identitas Kependudukan Digital

Pemkab Pesibar Luncurkan Penerapan Identitas Kependudukan Digital Foto. Herwanto bintangpost.com.

Pesisirbarat (BP) : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat melaksanakan implementasi kegiatan pembuatan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Louncing IKD tersebut, diawali oleh Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal, kemudian diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) ataupun Non ASN di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah dan akan dilanjutkan ke masyarakat Kabupaten Pesisir Barat.

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal mengatakan, aplikasi ini dapat mempermudah layanan kepada masyarakat. Identitas Kependudukan Digital adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas diri secara online.

"Manfaat identitas kependudukan digital, mempermudah verifikasi data diri tanpa harus membawa kartu fisik, mempermudah mengakses data keluarga serta mempermudah mengakses layanan publik. Seperti layanan perbankan, vaksin covid-19, NPWP Ditjen pajak, kartu ASN, kartu pemilih, Kartu Indonesia Sehat, BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, dan layanan publik lainnya," ujar Bupati.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7760/hadiri-pengajian-rutin-bulanan-ini-pesan-ketua-bkmt-pesibar

http://bintangpost.com/read/7757/penyerahan-program-sosial-bank-indonesia-di-pulau-pisang-kabupaten-pesibar

Dia menjelaskan, identitas kependudukan digital lebih aman dari pemalsuan data penduduk. Karena menerapkan lapisan tambahan keamanan dan protokol standar untuk bertukar data serta adanya fungsi hash kriptograpi.

"Untuk memperoleh identitas kependudukan digital dapat diunduh melalui gawai android dengan nama aplikasi 'identitas kependudukan digital'. Kemudian proses selanjutnya akan dibantu dengan senyum, salam, sapa, sopan dan santun oleh petugas layanan publik dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten pesisir barat” jelasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Disdukcapil Pesisir Barat Muriana menyampaikan, hal tersebut dilakukan berdasarkan Permendagri No 72 tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat  Keras, Perangkat Lunak, dan Blanko KTP-E. Serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan, serta menindaklanjuti Surat Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencataan Sipil Nomor 470/17865/Dukcapil tanggal 21 Nopember 2022 terkait Penerapan Identitas Kependudukan Digital.

Muriana menjelaskan, bagi masyarakat yang memiliki handphone android dapat diterbitkan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Karena memang, hingga saat ini stok blanko KTP-el di Pesisir Barat sangat minim.

Muriana juga menjelaskan, ada beberapa kelebihan dari Identitas Kependudukan Digital (IKD), diantaranya adalah penggunaannya lebih simpel, pembuatan lebih cepat, tidak perlu cetak menggunakan blangko, tidak perlu disimpan dalam dompet, KTP cukup disimpan di dalam handphone android atau smartphone. Tidak perlu ada fotocopy KTP untuk mengaskes layanan publik, lebih aman dari pemalsuan data penduduk, dan tidak ada lagi masalah KTP hilang Sedangkan keuntungannya adanya Identitas Kependudukan Digital yaitu penghematan anggaran yang cukup besar karena tidak adalagi pembuatan atau pencetakan blanko KTP.

"Adapun penghematan bagi Disdukcapil adalah tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran besar untuk membeli tinta ribbon (tinta khusus cetak KTP-Elektronik (KTP-el). Sehingga anggaran yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) lainnya," pungkasnya. (her)








   

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesisir Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment