Sandiaga Uno Buka Festival Pahawang Culture 2022

Sandiaga Uno Buka Festival Pahawang Culture 2022 Foto. Dok bintangpost.com.

Pesawaran (BP) : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi Festival Pahawang Culture tahun 2022.

Pembukaan festival oleh Menparekraf tersebut, berlangsung di Desa Pulau Pahawang, Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Sabtu (27/8/2022) malam.

Sandiaga Uno beserta rombongan Kemenparekraf tiba di Desa Pulau Pahawang, disambut dengan prosesi pencucian kaki yang dipandu Kepala Desa Pahawang Ahmad Salim.

Kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno dan rombongan ini juga disambut oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, didampingi Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Zainal Abidin, jajaran Forkopimda dan Kepala OPD. Serta masyarakat Desa Pulau Pahawang dan para wisatawan. 

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7329/anak-anak-pulau-pahawang-siapkan-tari-kolosal-di-malam-puncak-festival-pahawang

http://bintangpost.com/read/7322/kunjungi-pesawaran-puan-maharani-ingin-dengar-langsung-keluhan-petani-pokdakan

Dalam sambutannya, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Menteri Sandiaga Uno, yang sudah mau hadir dan menyempatkan hadir untuk membuka Festival Pahawang 2022. Sekaligus akan memberi penilaian dalam ADWI 2022.


Menurut Dendi, Desa Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran masuk menjadi salah satu nominasi desa wisata terbaik di Indonesia. Sehingga besar harapan dirinya dan masyarakat Pahawang, bisa menjadi yang terbaik, dan masuk dalam ajang ADWI 2022.

"Festival Pahawang adalah murni berangkat dari keinginan masyarakat. Dan saya selaku dari pemerintahan menangkap keinginan itu, dan memberikan apa yang menjadi keinginan masyarakat, untuk memajukan dan mengembangkan Desa Pulau Pahawang menjadi Desa Wisata dan destinasti wisata di Kabupaten Pesawaran ini," ujarnya. 

Besar harapan kami bisa masuk dan mendapatkan tempat yang layak di ADWI tahun 2022 ini. Sehingga nantinya, bisa menjadi sarana promosi berbagai even, serta memperkenalkan ciri khas Pesawaran dengan kreatifitas masyarakat Pulau Pahawang yang memiliki nilai jual dan keindahan alamnya ini, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Zainal Abidin menambahkan, Pahawang Culture Festival 2022 merupakan media promosi yang menampilkan berbagai even menarik dan unik, khas Kabupaten Pesawaran yang bernilai jual.

Sehingga kegiatan ini, kata dia, diharapkan dapat memacu produktifitas serta kreatifitas para pelaku seni dan budaya Kabupaten Pesawaran dan Provinsi Lampung.

"Pertahankan terus budaya dan kearifan lokal Pulau Pahawang ini. Karena pulau Pahawang ini, merupakan salah satu pulau yang memiliki potensi luar biasa," ucapnya.


Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, Desa Wisata Pulau Pahawang masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia. Dan Festival Pahawang, berhasil menembus Kharisma Even Nusantara dan masuk dalam 110 even terbaik Indonesia.

"Biasanya para juri hanya dua hari. Tapi di Pulau Pahawang ini sampai tiga hari. Ada apa dengan Pahawang. Artinya dengan masuk nominasi ADWI dan Kharisma Even Nusantara, Festival Pahawang is Double Win," ujar Sandiaga. 

Menurut Menparekraf, pihaknya telah membawa tujuh tim konten untuk turut mengembangkan Desa Wisata Pahawang ke level internasional. Dan akan menjadikan Festival Pahawang, sebagai even yang masuk dalam kalender nasional dan internasional. 

"Ini sebagai upaya menggeliatkan masyarakat dan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di 2022, dan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024. Untuk itu, dengan ini secara resmi Festival Pahawang saya nyatakan dibuka," tuturnya. (red)





    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment