Rencana Bangun Pangkalan Laut, Mabes TNI AL Kunjungi Pesawaran

Rencana Bangun Pangkalan Laut, Mabes TNI AL Kunjungi Pesawaran Kasubdisfaswatpers Disfaslanal Kolonel Laut (T) Eko Sunarjanto, didampingi bupati Pesawaran Dendi Ramadhona.

BINTANGPOST : Dalam rangka perencanaan pembangunan pangkalan armada Angkatan Laut (AL) di Kabupaten Pesawaran, perwakilan Mabes TNI AL mengunjungi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran untuk menampung aspirasi masyarakat dan pemkab setempat. 

Seperti yang dikatakan oleh Kasubdisfaswatpers Disfaslanal Kolonel Laut (T) Eko Sunarjanto yang menjelaskan bahwa, kedatangannya ke Pemkab Pesawaran untuk menampung aspirasi masyarakat dan pemerintah setempat. Dalam perencanaan pembangunan Armada TNI AL, yang akan ditempatkan di wilayah Pesisir Pesawaran, tepatnya di Teluk Ratai. 

"Kami datang kesini, untuk menampung apa yang menjadi aspirasi masyarakat dan pemerintah Pesawaran, agar rencana pembangunan armada TNI AL nantinya dapat disinkronkan dengan kebutuhan masyarakat setempat," jelasnya saat di wawancara bintangpost.com, usai bertemu dengan bupati Pesawaran, Kamis (11/1/2018).

Kolonel Laut (T) Eko Sunarjanto juga mengatakan, dalam rencana pembangunan tersebut nantinya akan dibangun pangkalan yang menampung KRI, dan juga landasan pesawat TNI AL. Dan kedepannya, armada yang ada di Jakarta dan Tangerang akan dipindahkan di Lampung. 

"Lokasi pangkalan ini nanti rencana akan menampung semua armada TNI AL yang ada di Jakarta dan Tanggerang. Jadi semuanya nanti akan dipindahkan ke pangkalan yang akan dibangun di Pesawaran, dan menjadi pangkalan terlengkap," terangnya.

Sedangkan saat ditanya terkait anggaran yang akan dikucurkan dalam pembangunan armada tersebut, dia belum bisa memberikan estimasinya. Karena kedatangannya tersebut, baru meminta pendapat dari masyarakat dan Pemkab Pesawaran sebagai bahan laporan ke pusat.

"Kita datang kesini untuk menyerap aspirasi dan pendapat dari masyarakat, untuk dilaporkan ke pusat baru. Jadi estimasi anggarannya belum bisa diketahui, karena pembangunan pangkalan ini akan memakan waktu lima sampai sepuluh tahun, jadi untuk anggarannya belum bisa dipastikan besarannya berapa," katanya. 

Dan dampak pembangunan pangkalan ini, tambahnya, akan sangat baik bagi masyarakat setempat, khususnya dampak sosial dan ekonomi  bagi masyarakat Pesawaran akan bertambah. Karena dalam pangkalan ini nanti, akan dipersiapkan 10 ribu prajurit untuk mengisi armada itu, tutupnya.

Sementara itu, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, yang menerima kunjungan rombongan Mabes TNI AL tersebut menuturkan, pihaknya sangat mendukung aoa yang sudah direncanakan oleh Mabes TNI AL, yang akan membangun pangkalan TNI AL di Teluk Ratai, Padang Cermin Kabupaten setempat.

Karena pembangunan pangkalan armada TNI AL ini, katanya, akan berdampak positif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan Kabupaten Pesawaran.

"Ya kita sangat mendukung rencana ini, karena banyak dampak positif yang akan didapat dari pembangunan itu. Apalagi pihak TNI AL juga akan mendukung pariwisata yang ada dikabupaten Pesawaran," ungkap bupati kepada bintangpost.com, saat mendampingi Kolonel Laut (T) Eko Sunarjanto.

Diketahui, pertemuan yang digelar secara tertutup di rungan rapat Bupati Pesawaran tersebut, selain bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, dihadiri juga oleh jajaran OPD Pemkab Pesawaran. 

Rombongan Mabes TNI Angkatan Laut yang dipimpin oleh Kasubdisfaswatpers Disfaslanal Kolonel Laut (T) Eko Sunarjanto tersebut, didampingi oleh Kasubdispasjasang Disfaslanal, Kolonel Laut (T) Sukarman, Danlanal Lampung, Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi, Kasi TGT Disfaslanal Letkol Laut (T) Amir Mahmud, serta Pasmilog Lanal Lampung Mayor Laut (S) Amien Udin Arief. (Reft)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment