Pekon SinarMulya Gelar Pemberdayaan Masyarakat Bidang Seni Pencak Silat.

Pekon SinarMulya Gelar Pemberdayaan Masyarakat Bidang Seni Pencak Silat. Penyerahan bantuan perangkat pencak silat TTKDH pekon Sinar Mulya kecamatan Banyumas kabupaten Pringsewu..


BINTANGPOST : Pekon Sinar Mulya kecamatan Banyumas kabupaten Pringsewu, menggelar pemberdayaan masyarakat pelatihan dibidang seni budaya pencak silat (TTKDH). Pelatihan tersebut, digelar di Kantor Pekon setempat, Rabu(15/11).

Odih Warsono, kepala Pekon Sinar Mulya mengatakan kepada media ini bahwa, kegiatan tersbut diikuti oleh masyarakat dan pengurus TTKDH yang nerada di Pekon setempat. Dan kegiatan tersebut, katanya, bersumber dari dana desa (DD) pekon Sinar Mulya tahun 2017.

"Selain pemberdayaan dibidan pecak silat ini, kita juga memberikan seperangkat alat untuk kesenian pencak silat. Berupa gendang, ketipung, gong, dan baju seragam," ungkapnya.

Dia berharap, dengan adanya pemberdayaan seni budaya pebcak silat atau TTKDH di pekon SinarMulya ini, kedepannya bisa dapat lebih baik dan lebih maju lagi. Dan juga, TTKDH di pekon ini dapat lebih berkembang lagi. 

Sementara itu, Ahmad muslim salah satu pengurus TTKDH tingkat Kabupaten Pringsewu meminta kepada seluruh pengurus TTKDH di pekon Sinar Mulya, agar dapat menjaga nama baik TTKDH dan menjaga kerukunan antar sesama pengurus TTKDH lainnya.

"TTKDH adalah perguruan pencaksilat tertua di Indonesia. Saya berharap, para pengurus agar dapat menjaga kerukunan antar pengurus TTKDH, jaga kerukunan masyarakat dan pekon. Agar pekon ini lebih aman lagi, dab seni budaya pencak silat di pekon ini dapat terjaga, maju dan berkembang," ujarnya, yang akrab disapa Mat Tehek.

Dia juga meminta kepada seluruh pengurus TTKDH di pekon tersebut, agar dapat menyerahkan dan melaporkan stuktur kepengurusan TTKDH di pekon setempat. Agar dapat segera di data, dan dibuatkan surat keputusan (SK) sebagai pelatih.

"Segera laporkan daftar struktur pengurus TTKDH yang ada di pekon ini, agar kami pengurus TTKDH tingkat kabupaten Pringsewu, dapat mendata dan mengeluarkan SK pelatih," ungkapnya.

Diketahui, dalam acara tersebut selain dihadiri Kepala Pekon Sinar Mulya Odih Warsono dan Pengurus TTKDH Kabupaten Pringsewu Ahmad Muslim(Mat Tehek). Dihadiri juga Camat Banyumas yang diwakili Zainal Arifin, dan jajaran aparatur desa setempat. (Yan)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment