Warga Sukaratu Pringsewu Gelar Bersih-Bersih Lahan Pembangunan Puskesdes

Warga Sukaratu Pringsewu Gelar Bersih-Bersih Lahan Pembangunan Puskesdes Foto. Ari bintangpost.com.

Pringsewu (BP) : Dalam rangka untuk percepatan pelaksanaan pembangunan Puskesdes, warga dan aparatur Pekon Sukaratu, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu melakukan gotong royong bersih-bersih dilahan untuk pembangunan Puskesdes pekon setempat, Jumat (3/5/2024).

Kepada media ini, Herli Yazid selaku Kepala Pekon Sukaratu mengatakan, gotong royong ini sebagai bentuk kepedulian warga dan pihaknya yang ingin memiliki tempat atau wadah untuk pelayanan kesehatan di pekon tersebut.

Baca Juga :

"Ini sebagai bentuk kepedulian kami, yang menginginkan adanya pos kesehatan di pekon Sukaratu ini. Karena Puskesdes berperan penting terhadap tingkat kesadaran masyarakat mengenai kesehatan, serta untuk mencegah dan mengatasi masalah kesehatan, bencana, dan keadaan gawat darurat secara mandiri," ujarnya. 


Puskesdes ini akan dibangun di tanah wakaf seluas 8x8 meter yang sedang kita lakukan pembersihan ini, dengan anggaran pembangunannya sebesar Rp145 juta di tahap pertama anggaran dana desa (ADD), timpalnya.

Baca Juga :

Herli juga menambahkan, Poskesdes ini juga adalah upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat, yang berfungsi sebagai wadah bagi kesehatan masyarakat desa. Dan pelayanan Poskesdes ini nantinya akan meliputi upaya promotif, preventif dan kuratif yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (terutama bidan) dengan melibatkan kader atau tenaga sukarela lainnya. 

"Poskesdes ini nantinya siap melayani segala keluhan masyarakat mengenai kesehatan desa, sebelum penanganan lebih lanjut ke puskesmas lalu ke rumah sakit," jelasnya. 

"Kami berharap, pembangunan Puskesdes ini bisa cepat terealisasi. Sehingga nantinya bisa kita gunakan sebagai pusat kegiatan kesehatan di pekon ini," ungkapnya. (ari)








    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment