Mahasiswa ITERA Rancang Inovasi Pendorong Arus Laut Untuk PLTAL

Mahasiswa ITERA Rancang Inovasi Pendorong Arus Laut Untuk PLTAL Foto. Ist bintangpost.com.

LAMPUNGSELATAN-BINTANGPOST : Pemanfaatan potensi energi arus laut sebagai penghasil energi listrik melalui Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut (PLTAL) di Indonesia yang masih minim, membuat sejumlah mahasiswa ITERA menciptakan inovasi.

Inovasi yang dibuat oleh tim mahasiswa yang terdiri dari Risfihan Rafi, Hasbiyalloh, dan Arif Ronaldo, dari Program Studi Teknik Sistem Energi ITERA, dan M. Mukti Asyidiqi (Teknik Elektro) tersebut, membuat sebuah bangun teknologi deflektor, atau alat untuk meningkatkan kinerja turbin pada pembangkit arus laut pada kecepatan rendah. 

Bahkan, inovasi tersebut mendapat dukungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud Ristek melalui Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM-KC) 2021.

Keempat mahasiswa ITERA yang dibimbing oleh Dosen Prodi Teknik Sistem Energi (TSE) ITERA, Madi, ST, MT tersebut, menamai inovasi ini Rancang Bangun Prototipe WFD (Water Flow Deflector) untuk Meningkatkan Performa Turbin Arus Laut Tipe Vertikal pada Kecepatan Arus Rendah.


Ketua tim mahasiswa Risfihan Rafi, menjelaskan deflektor yang didesain dan dirancang oleh timnya ini merupakan tipe enam sekat single plate yang mengelilingi rotor turbin. Cara kerja alat tersebut, arus laut dengan kecepatan rendah akan melewati antar sekat deflektor untuk meningkatkan kecepatan arus laut disekitar turbin, sehingga dapat meningkatkan kinerja turbin menjadi lebih baik.

Untuk menguji kinerja alat tersebut, lanjut dia pihaknya membuat model aliran arus dalam suatu kotak aquarium yang dibangkitkan oleh pompa, dan menghasilkan kecepatan arus sebesar 0,29 m/s. Hasil pengujian yang dilakukan, Minggu, 22 Agustus 2021, menunjukkan bahwa kecepatan putar turbin meningkat tiga kali lebih cepat dari putaran semula. 

"Sebelum ditambah komponen deflektor, turbin hanya menghasilkan energi listrik 6 watt, dan setelah ditambahkan deflektor meningkat hingga tiga kali lipat menjadi 19 watt," jelas Rafi.

Baca juga : 

http://bintangpost.com/read/4987/santri-lapas-gunung-sugih-selesaikan-30-juz-al-quran-dalam-waktu-3-jam

http://bintangpost.com/read/4956/bangun-ekosistem-hukum-dan-birokrasi-yang-kondusif-bagi-dunia-usaha

http://bintangpost.com/read/4925/belum-cetak-buku-100-ati-tembus-12000-pesanan

Peningkatan tersebut, kata dia, merupakan pengaruh dari peningkatan kecepatan putaran turbin. Awalnya turbin berputar dengan kecepatan 17,52 rpm, dan setelah ditambahkan deflektor rancangan mahasiswa ITERA, putaran turbin meningkat menjadi 54 rpm.

Rafi berharap, model water flow deflektor (WFD) yang mereka rancang dapat menjawab tantangan dalam penerapan teknologi pembangkit listrik tenaga arus laut untuk kebutuhan listrik masa depan Indonesia. 

"Dengan adanya karya-karya inovasi anak muda saat ini, maka Indonesia akan siap menghadapi isu SDGs, terutama dalam memanfaatkan potensi lautan sebagai sumber energi listrik," ucapnya.


Sementara menurut Dosen pembimbing mahasiswa, Madi, ST, MT, menilai, inovasi mahasiswa ITERA tersebut akan sangat bermanfaat untuk mendorong pengembangan PLTAL guna memenuhi kebutuhan energi listrik di masa depan.

Apalagi, arus laut di Indonesia ini tergolong berkecepatan rendah, dibandingkan kebanyakan negara lain. Atas dasar permasalahan tersebut, inovasi ini diharapkan dapat mendorong pengembangan PLTAL di Indonesia.

"Saya yakin alat yang sederhana itu menjadi luar biasa kedepannya. Dan saya bangga kepada mahasiswa bimbingan saya ini, bisa menjadi contoh untuk generasi muda lain untuk terus berkarya untuk Indonesia," ujar Madi. (red/rls)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment