Kabupaten Lamtim Punya Kampung Siaga Bencana

Kabupaten Lamtim Punya Kampung Siaga Bencana Plt Bupati Lamtim Zaiful Bokhari meninjau tenda darurat kampung siaga bencana.

BINTANGPOST : Plt Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari meresmikan Desa Tanjung Tirto kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur sebagai kampung siaga bencana, Rabu (9/5/2018).

Desa yang terdiri dari 5 dusun tersebut, merupakan desa pertama yang menjadi kampung siaga banjir di wilayah kabupaten Lamtim.

Dalam sambutannya Zaiful mengatakan, kampung siaga bencana ini dibentuk melalui kelompok masyarakat yang tergabung dalam wadah organisasai yang disebut Kampung Siaga Bencana Raden Tirto. Dengan anggotanya merupakan pemuda dan pemudi dari dua desa, yaitu Desa Tanjung Tirto dan Desa Kali Pasir kecamatan Way Bungur.

"Ini merupakan salah satu program yang dianggap penting, karena nantinya kampung siaga bencana ini akan bertugas untuk membantu korban bencana di wilayah kecamatan Way Bungur ini," ujarnya.

Dengan terbentuknya kampung siaga bencana ini, diharapkan masyarakat dapat lebih cepat dan tanggap dalam membaca dan memahami tanda-tanda bencana alam. Serta mengerti apa yang harus dilakukan dalam menangani korban bencana, dan mengantisipasi terjadinya bencana alam, tuturnya.

Zaiful juga mengungkapkan, tahun ini pemerintah Lampung Timur akan melaksanakan program kampung siaga bencana ini di 24 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

"Insya Allah, kedepannya akan menyusul kecamatan-kecamatan lain yang ada di kabupaten Lampung Timur ini. Untuk itu, saya berharap semua pihak dapat mendukung keberadaan kampung siaga bencana ini, khususnya dukungan penuh dari dinas sosial provinsi Lampung dan Kementrian Sosial RI," tuturnya.

Diketahui, hadir dalam peresmian tersebut perwakilan dari Kementrian Sosial RI Drs. Hendrasman, MSi dan Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarjo Saini. 

Turut hadir pula Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Tarmizi beserta jajaran OPD Kabupaten Lampung Timur, Ketua Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lampung Timur Eddy Siswanto, Camat Way Bungur Raden Gunawan, beserta jajaran Forkopincam Way Bungur.

Dalam acara tersebut, pemerintah provinsi Lampung melalui dinas sosial memberikan bantuan berupa makanan dan perlengkapan siaga bencana. Diantaranya, lauk pauk, pakaian anak-anak, matras, selimut wol, tenda gulung, tenda keluarga, serta rompi pelampung.

Dan dalam acara tersebut juga dilakukan peragaan pemasangan tenda pengungsian oleh tim Kampung Siaga Bencana Way Bungur, yang di dirikan dalam waktu kurang lebih tujuh menit. (Asril)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Timur.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment