1.561 Mahasiswa Baru Ikuti MATA UAP

1.561 Mahasiswa Baru Ikuti MATA UAP Foto. Gus bintangpost.com.

Pringsewu (BP) : Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) melaksanakan Masa Ta’aruf (MATA UAP) terhadap 1.561 Mahasiswa Baru.

Kegiatan yang dibuka oleh Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Wisnu Probo Wijayanto ini, ditandai dengan penyematan secara simbolis pemakaian almamater sebagai tanda kegiatan telah dimulai, dikampus setempat, Senin (21/8/2023).

Dalam sambutannya, Wisnu mengatakan, MATA UAP adalah kegiatan bagi mahasiswa baru untuk memperkenalkan tentang sejarah, visi dan misi, kegiatan akademik, kurikulum Pendidikan di Kampus Universitas Aisyah Pringsewu. Serta mengenal lebih dekat para Dosen, serta antar mahasiswa baru serta organisasi kemahasiswaan di lingkungan kampus.

Dia juga mengungkapkan, kegiatan tahun akademik 2023/2024 ini diikuti dengan jumlah mahasiswa yang terdaftar sebanyak 1.561 orang, yang mengikuti secara offline dan daring. 

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/8244/kabar-gembira-sembilan-dosen-uap-lolos-sertifikasi

http://bintangpost.com/read/8216/pertama-di-lampung-uap-buka-prodi-keperawatan-program-magister

Wisnu juga menyampaikan, kepada peserta MATA UAP, bahwa cita-cita yang akan diraih bukan hanya sekedar cita-cita saudara sendiri. Tetapi ada orang tua yang mendukung dan memiliki peran yang besar dalam keberhasilan saudara delam menggapai mimpi dan cita-citanya.

"Selamat datang kepada mahasiswa di kegiatan Masa Ta’aruf Universitas Aisyah Pringsewu yang ke-5 ini. Dalam kegiatan ini memiliki tujuan dan impian, serta visi yang harus kita junjung, sama hal nya juga dengan teman-teman masuk di Universitas Aisyah Pringsewu ini ada tujuan," ujarnya.


Sementara itu, Ketua pelaksana MATA UAP 2023/2024 Eko Wardoyo, didampingi Sekretarisnya Yessiana Luthfia Bahri menerangkan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan dari tanggal 21-26 Agustus 2023 ini, dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. 

"Selain itu, mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi, dengan tema 'Harmonisasi Visi Bersama : Prestasi dan Akhlak Menuju Insan yang Unggul di Era 5.0'," jelasnya.

Dia juga menerangkan, tujuan khusus MATA UAP tahun akademik 2023/2024 ini adalah menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat sesuai dengan 4 Pilar Kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Sehingga dapat meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru. 

Lalu, memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan dan perguruan tinggi sehingga mahasiswa baru memahami dan mengenali lingkungan barunya terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan.

Serta, lanjut dia, memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pra-dewasa bagi diri dan lingkungan sekitar sehingga  terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan; mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat.

"Dan juga memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri di perguruan tinggi melalui konsepsi dan praktik Merdeka Belajar, Kampus Merdeka. Dengan memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya dan pendidikan karakter bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Serta merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab serta mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh (powerful agile Lerner)," pungkasnya. (Gus)








   

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment