Pj. Bupati Mesuji Tinjau Pelayanan dan Perekaman Adminduk Pelajar

Pj. Bupati Mesuji Tinjau Pelayanan dan Perekaman Adminduk Pelajar Foto. Dok bintangpost.com.

Mesuji (BP) : Pj. Bupati Mesuji Sulpakar melakukan peninjauan pelayanan administrasi kependudukan dan perekaman pemula serta sosialisasi pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan kepada siswa-siswi sekolah.

Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mesuji ini, berlangsung di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Tanjung Raya kabupaten setempat, Selasa (27/9/2022).

Selain itu, dalam kegiatan tersebut, Pj. Bupati Sulpakar juga melakukan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) secara simbolis, kepada siswa siswi di SDN 09 dan SDN 21 Tanjung Raya.

Pada kesempatan itu, Pj. Bupati Sulpakar menyampaikan pentingnya kebutuhan tentang perekaman kependudukan ini untuk semua generasi. Karena hal ini merupakan bagian sistem administrasi di Negara Indonesia, yang dilaksanakan guna mempercepat layanan kepada masyarakat.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/2884/disdukcapil-mesuji-terima-bantuan-mobil-pelayanan-keliling

http://bintangpost.com/read/4417/suprapto-sosper-akb-bersama-alumini-sman-i-bukoposo

Untuk itu, dirinya meminta Disdukcapil setempat, untuk melaksanakan sampai selesai perekaman e-KTP dan KIA (Kartu Identitas Anak) di Kabupaten Mesuji.

"Perlunya administrasi penduduk ini tentunya banyak hal baik yang dibutuhkan. Seperti untuk melanjutkan sekolah, bekerja, maupun untuk admistrasi perbankan dan lain-lain sebagainya. Agar kedepannya, masyarakat tidak kesulitan lagi terkait masalah Adminduk," ujarnya. 

Sulpakar jiga mengatakan, kegiatan seperti progam jemput bola ini kepada masyarakat, harus terus dilakukan. Agar lebih mempermudah masyarakat, sehingga tidak perlu datang jauh-jauh lagi ke kantor Disdukcapil.

"Kita harus memberikan pelayanan dengan datang mengunjungi masyarakat secara bersama-sama. Dan hal ini perlu keterlibatan semua pihak. Untuk itu saya berharap, progam ini terus ditingkatkan, dan bukan hanya hari ini saja. Tapi terus menerus dilakukan, terutama sasaran kita adalah anak-anak sekolah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Disdukcapil Mursalin menyampaikan dalam laporannya bahwa, untuk perekaman pemula SMK Negeri 1 Tanjung Raya ini dilajukan terhadap 96 siswa. Sedangkan untuk KTP yang dicetak pada acara tersebut sebanyak 87 siswa.

"Pencetakan KTP ini bagi siswa yang sudah mencapai umur 17 tahun. Sementara yang masih dilakukan perekaman, usia 16 tahun. Dan untuk KIA, dicetak sebanyak 155 anak, dan akta LD (luar daerah) 34 anak untuk SD Negeri 09 Tanjung Raya. Dan sebanyak 147 anak, akta LD (Luar Daerah) 40 di SD 21," terangnya.

Kami berharap, data kependudukan ini dapat dilindungi pemakaiannya, dan bisa digunakan dengan bijak. Karena saat ini sering terjadi penipuan, dan data kependudukan ini banyak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Pj. Bupati Mesuji, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia, Asisten Bidang Pemrekesra, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Disdukcapil.

Usai melakukan peninjauan, Pj. Bupati beserta rombongan juga mengunjungi kantor radio disalah satu ruangan SMK Negeri 1 Tanjung Raya dengan mengisi sesi tanya jawab melalui siaran radio 103,7 M.hz.(red)




   

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Mesuji.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment