Kolaborasi Dispar Pesawaran dan NDS Optimalisasi Pembayaran Digital

Kolaborasi Dispar Pesawaran dan NDS Optimalisasi Pembayaran Digital Foto. Red bintangpost.com.

Pesawaran (BP) : Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran jajaki kolaborasi dengan PT. Nusantara Digitech Solusi (NDS), guna memenuhi kebutuhan teknologi sistem pencatatan transaksi pembayaran digital di daerah wisata. 

Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran Anggun Saputra mengatakan, dari sisi hardware NDS sudah cukup memadai dan didukung dari sistem digitalisasinya.

“Saat ini, Pesawaran sedang mengejar dalam bidang digital disemua lini, salah satunya dalam bidang pariwisata, tentunya dengan penjajakan dengan salah satu perusahaan digital ini sangat berdampak baik dengan kita, guna memenuhi di kabupaten kami dari sisi transaksi,” ujarnya. Selasa 22 Oktober 2024.

Baca Juga :

Dirinya mengatakan, saat ini pihaknya telah menerapkan sistem online pada tiket masuk ke tempat pariwisata, dan juga pada tiket tersebut terdapat PAD yang sah hasil kerjasama dengan pihak swasta. 

“Untuk penarikan PAD tersebut, kita berpijak dari Peraturan Bupati No.64 tahun 2022 untuk melakukan pungutan tersebut, dimana Peraturan Daerah (Perda) juga masih sedang mereka persiapkan. Dari tiket masuk tersebut, ada kontribusi Rp5 ribu, yang digunakan untuk asuransi dan kas daerah,” ujar dia.


“Transaksi ini semua secara online. Artinya kita tidak secara tunai untuk menjamin transparansi. Pembayaran ini menggunakan barcode yang kami tanam di semua destinasi yang ada di Kabupaten Pesawaran," kata dia.

Sementara itu Presiden Direktur PT NDS, Darmadi menyambut baik Pemkab Pesawaran yang ingin melakukan kerjasama untuk pemenuhan sistem pembayaran tiket di destinasi wisata.

Baca Juga :

"Kita menyambut baik niat dari pak Kadis tadi ya. Teknologi milik NDS memang mendukung untuk sistem pembayaran secara online dengan teknologi yang didukung oleh aplikasi Indochat. Teknologi ini tidak bisa diduplikasi dan hasilnya langsung real time, bisa dilihat langsung berapa transaksinya," katanya.

Menurutnya, pihaknya juga memiliki aplikasi yang menyediakan full paket untuk berwisata ke suatu daerah, hal ini tentunya membantu masyarakat dan juga daerah-daerah yang memiliki tempat wisata, salah satunya Pesawaran.

“Nantinya juga, kami akan menyediakan videotron tempat-tempat wisata yang ada di Pesawaran, sehingga masyarakat luar dapat mengetahui keindahan tempat wisata di Pesawaran, dan itu juga akan membantu mempromosikan tempat wisata Pesawaran di Medsos,” ujarnya. (doy)










Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment