Bersama Komunitas Mancing, Dispar Pesawaran Siap Kembangkan Wisata Baru

Bersama Komunitas Mancing, Dispar Pesawaran Siap Kembangkan Wisata Baru Foto. Net.

Pesawaran (BP) : Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pesawaran akan mengembangkan destinasi baru, yakni wisata mancing mania di wilayah pesisir kabupaten setempat. 

Seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran, Anggun Saputra, bahwa destinasti wisata mancing ini sedang disusun oleh komunitas mancing yang ada di Kecamatan Teluk Pandan kabupaten Pesawaran.

Gagasan ini, kata dia, tentunya sangat disambut baik oleh pihaknya. Apalagi diketahui bahwa kegiatan memancing memiliki aturan-aturan yang harus ditaati.

"Saat ini kami sedang mengkaji dan dikembangkan bersama para komunitas mancing, sehingga nantinya akan menjadi satu wadah para penghobi mancing dan nelayan pancing tradisional," ujar Anggun, kepada media ini, Kamis (9/10/2024).

Baca Juga :

Dia mengungkapkan, destinasti mancing tersebut nantinya akan dikelola sepenuhnya oleh para komunitas dan nelayan pancing tradisional itu sendiri, yang bekerjasama dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Sehingga bisa untuk menambah kesejahteraan masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Pesawaran.

"Jika ini sudah ditetapkan dan ada wadahnya, tentunya akan juga mempermudah wisatawan yang hobi memancing datang, dengan memperoleh informasi spot-spot mancing di wilayah pesisir Pesawaran ini," kata dia.

Tak hanya itu, lanjut Anggun, hadirnya destinasi wisata mancing ini nanti, selain sebagai wadah tambahan untuk kesehjateraan para nelayan pancing, juga sebagai upaya dalam pengawasan dan menjaga keberlangsungan ekosistem laut agar tidak rusak.

"Dan dalam hal ini, kami pihak Dispar Pesawaran siap membantu untuk proses perizinan maupun kelembagaannya. Sebagai upaya kami untuk keberlangsungan usaha komunitas dan masyarakat nelayan pancing tradisional di destinasi wisata baru ini nanti," ucap Anggun.

Baca Juga :

Sementara itu, Khairul, salah satu nelayan pancing tradisional Desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Pesawaran kepada media ini menyatakan sangat menyambut baik rencana tersebut.

Dia mengungkapkan, hal itu tentunya bisa menambah kesejahteraan masyarakat,  khususnya warga seperti dirinya sebagai nelayan pancing yang ada di Pesisir Kabupaten Pesawaran.

"Kami sangat berterima kasih kepada Dinas Pariwisata Pesawaran yang akan membantu kami untuk memperkuat kelembagaan nelayan pancing tradisional dengan legalitas dan berbadan hukum yang jelas," ujar Khairul, yang didampingi Mawar Riyadi selaku Ketua Kelompok Mancing Mitra Sepuluh kecamatan setempat. (doy)











Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment