Pastikan Bahan Pokok Aman, Pemkab Pesawaran Sidak Pasar

Pastikan Bahan Pokok Aman, Pemkab Pesawaran Sidak Pasar Foto. Red bintangpost.com.

Pesawaran (BP) : Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran melakukan sidak pasar di Pasar Kedondong Kecamatan Kedondong, Rabu (12/4/2023). 

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pesawaran, Hendra Sulistianto menerangkan, sidak ini untuk memonitoring ketersediaan, keamanan, dan harga harga sembilan bahan pangan pokok di pasar rakyat menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti Hari Raya Idul Fitri 1444 H yang akan datang. 

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/8116/pemkab-pesawaran-larang-mobil-angkutan-barang-dan-orang-melebihi-tonase

http://bintangpost.com/read/8083/pemkab-pesawaran-terima-penghargaan-ppd-saburai-tahun-2023

Hendra juga menjelaskan, sidak pasar yang dilakukan oleh Tim Satgas Pangan ini, terdiri dari Polres Pesawaran, Bappeda, Dinas Tanaman Pangan dan Horti Kultura, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan dan Bagian Perekonomian Setdakab Pesawaran yang turun langsung untuk mengecek ketersedian sembako di lapangan. 

"Dari Sidak ini, diketahui beberapa komoditi pangan mengalami penurunan dan kenaikan harga. Dan bahan pokok yang mengalami penurunan harga antara lain, cabe merah keriting yang tadinya Rp28.000, menjadi Rp25.000, dan cabe rawit sebelumnya Rp40.000 menjadi Rp30.000," jelasnya. 


Sedangkan beberapa komoditi pangan yang mengalami kenaikan harga antara lain, Telur ayam ras yang sebelumnya Rp28.000 menjadi Rp30.000, Daging Sapi yang sebelumnya Rp120.000 menjadi Rp130.000.

"Untuk harga komoditi pangan yang lain relatif stabil, dan untuk ketersediaan bahan pangan pokok berdasarkan hasil dari pemantauan sidak ketersediaan bahan pangan pokok menjelang Hari Raya Idhul Fitri 1444 H relatif aman dan tersedia, " terangnya. 

Hendra juga menyebut, bahwa masih ditemukan merek beras yang beredar belum memiliki nomor regristrasi pangan segar asal tumbuhan. 

Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan pendataan kepada penjual beras asal merek tersebut dan pemilik penggilingan. Sehingga dapat di daftarkan nomor registrasinya. (Doy)










    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment