Edukasi Pembuatan Pakan Ikan Mahasiswa KKN dan KPK Unila

Edukasi Pembuatan Pakan Ikan Mahasiswa KKN dan KPK Unila Foto. Red bintangpost.com.

Waykanan (BP) : Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Klinik Pertanian Keliling (KPK) Fakultas Pertanian Universitas Lampung, melakukan pelatihan pembuatan pakan ikan air tawar. 

Kegiatan yang diikuti masyarakat Kecamatan Pakuan Ratu yang membudidayakan ikan air tawar dan Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) tersebut, digelar di SMK Negeri 1 Pakuan Ratu, Kecamatan Pakuan Ratu, Kabupaten Waykanan, Kamis (9/2/2023).

Turut hadir dalam pelatihan ini, Camat Pakuan Ratu, Dinas Perikanan Waykanan, Dewan Guru SMK Negeri 1 Pakuan Ratu, jajaran Kepala Kampung Kecamatan Pakuan Ratu, dan para pembudidaya ikan tawar di wilayah setempat.

"Pelatihan pembuatan pakan ikan merupakan upaya untuk membantu para petani ikan yang menghadapi kendala harga pakan ikan yang semakin mahal," ucap Limin Santoso, S.Pi., M.Si., dosen pembimbing lapangan mahasiswa KKN Kecamatan Pakuan Ratu.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7937/ciptakan-apotek-hidup-mahasiswa-unila-ajak-warga-manfaatkan-perkarangan-rumah

http://bintangpost.com/read/7883/mahasiswa-unila-edukasi-warga-pakuanratu-manfaatkan-perkarangan

Menurut dia, dengan diadakannya pelatihan ini, pengeluaran petani ikan air tawar dapat ditekan serendah mungkin, sehingga pendapatan semakin meningkat.

Selain menjadi pengganti pakan ikan yang mahal, dia mengungkapkan bahwa pembuatan pakan ikan ini juga dapat dijadikan wadah bagi petani melatih jiwa wirausaha. 

"Pakan ikan ini memiliki potensi untuk dijual, karena bahan baku dari pakan ikan ini sangat mudah ditemui terkhusus di Kecamatan Pakuan Ratu," ujar dia.

Limin juga mengungkapkan, bahan-bahan yang digunakan antara lain, tepung dedak, tepung jagung, tepung kepala ikan asin, tepung kepala udang, tepung bungkil kedelai, tepung bungkil sawit, mollase, mineral miks dan minyak ikan.

"Cara pembuatan yaitu semua bahan-bahan yang sudah disiapkan dicampur dan diaduk dengan mesin mixer, supaya bahan tercampur secara merata. Selanjutnya ditambahkan air 10 persen supaya bahan-bahan menjadi solid saat dicetak," jelasnya.

Selanjutnya, kata dia, bahan dicetak dengan menggunakan mesin pelet tenggelam yang kebetulan sudah ada di Laboratorium SMK Negeri 1 Pakuan Ratu.

"Pelet yang dicetak kemudian dijemur selama satu hari sampai benar-benar kering. Pelet yang sudah kering bisa langsung digunakan untuk pakan ikan lele, nila, gurame dan patin," pungkas dia. (red)









     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Waykanan.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment