Liwa Expo 2022 Warnai Semarak HUT Kabupaten Lambar

Liwa Expo 2022 Warnai Semarak HUT Kabupaten Lambar Foto. Herwanto bintangpost.com.

Lampungbarat (BP) : Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus melakukan pengguntingan pita, pemukulan berdah dan pesta kembang api, sebagai tanda dibukanya Opening Ceremony Liwa Expo 2022 dalam rangka semarak peringatan HUT Kabupaten Lambar ke-31, Sabtu (24/9/2022) malam.

Acara yang berlangsung di kawasan Sekuting Terpadu ini, Bupati Lambar beserta jajaran mengunjungi stand-stand peserta pameran yang terdiri dari stand pemerintah daerah, organisasi baik vertikal maupun Wanita, BUMN, BUMD, dan UMKM se-Kabupaten Lampung Barat.

Disela kunjungan tersebut, Bupati menyampaikan bahwa melalui Liwa Expo ini diharapkan mampu mengimplementasikan gerakan UMKM yang selalu digelorakan oleh Pemkab Lambar, yakni Kami Bela Izinnya, Kita Beli Produknya. 

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7422/bupati-parosil-pimpin-upacara-peringatan-hut-ke31-kabupaten-lambar

http://bintangpost.com/read/7419/rapat-paripurna-dprd-kabupaten-lambar-sambut-hut-ke-31

Salah satunya adalah stand Kecamatan Suoh, saat berkunjung Bupati Parosil menyampaikan rasa bangga atas hasil pertanian di Suoh khususnya jenis coklat. 

 "Ternyata coklat yang terdapat di kecamatan Suoh memiliki citra rasa khas lebih enak, yang tidak ada di kabupaten lain. Bahkan sekarang ini, coklat dari Suoh sudah dikenal sampai kemancanegara," ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan bahwa Liwa Expo ini sebagai bentuk upaya pemkab setempat dalam membangkitkan perekonomian di tengah covid-19. Dengan menghadirkan para pelaku UMKM, dengan harapan bangkitnya roda perekonomian masyarakat Lambar. 

"Lambar kaya akan SDA, tetapi SDM belum begitu hebat. Sehingga dengan 7 program Pemkab Lambar merupakan salah satu langkah untuk peningkatan SDM. Dengan harapan, kedepan akan sejajar dengan kabupaten yang lebih maju dan adanya lompatan ekonomi yang lebih baik," tuturnya.

Pada kesempatan ini, tentunya saya ingin mengucapkan terimakasih kepada para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Lampung Barat, dan sudah turut berpartisipasi dalam kegiatan Liwa Expo 2022 ini, ucapnya. 

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan, Kepala Dinas PMPTSP Lambar Daman Nasir, MP menuturkan bahwa, tema kegiatan ini adalah 'Kami bela izinnya, Kami Beli Produknya', dengan sub tema 'Membangun Pekon Bersaing Sampai Ke Kota'.

Dan tujuan kegiatan ini, kata dia, menyediakan akses dan pengembangan kapasitas pelaku usaha di Lambar,  pengembangan pemasaran digital dan promosi produk unggulan UKM.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan yang akan dilakukan pada Liwa Expo kali ini ada Uji klinik, pembekalan dari BRI meningkatkan kapasitas BUMDes, pengenalan pasar digital dan transaksi online, uji klinik produk pangan sehat dan izin edar produk.

"Dan saat penutupan Liwa Expo ini, BPOM Provinsi Lampung akan memberikan sertifikat pengolahan pangan yang baik kepada beberapa UKM, Pameran potensi unggulan kecamatan, Bazzar UMKM bagi UMKM berpotensi. Dan sampai dengan saat ini, terdapat 101 UMKM lokal yang mengikuti Liwa Expo, dan rencananya akan bertambah lagi nantinya," ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Parosil, Wabup Lambar Mad hasnurin, Forkopimda, Ketua DPRD Edi Novial, Sekdakab Drs. Nukman, Ketua TP-PKK Partinia parosil Mabsus, Ketua GOW Gurti Mad hasnurin, Ketua DWP Zelda Nukman, serta Sai batin Paksipak Sekala Bekhak Lampung Barat. (her)




     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment