Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak KEN-FSB Ke-8

Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak KEN-FSB Ke-8 Foto. Herwanto bintangpost.com.

Lampung Barat (BP) : Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar Karnaval Kumilai Budaya dalam rangka rangkaian kegiatan Festival Sekala Bekhak (FSB) tahun 2022 kabupaten setempat. 

Kebudayaan Sekura yang hanya ada di Lampung Barat yang merupakan icon dari FSB untuk masuk dalam Calender Event Nasional, yang digelar di Lapangan Merdeka Kota Liwa, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lambar, Rabu (13/7/2022).

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7137/bupati-parosil-buka-festival-sekala-bekhak-viii-kabupaten-lambar

http://bintangpost.com/read/7143/lampung-barat-gelar-pop-tingkat-kabupaten

Diketahui, acara karnaval pawai budaya yang didukung dan dihadiri dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yaitu, Koordinator Event Daerah Wilayah 1 Diana M. Tikupasang beserta Joko Suharbowo, Hilya Milaty dan Hasan Basri ini. Dimulai tepat pukul 13.30 WIB, yang dimulai dari Taman Kota Hamtebiu menuju lapangan Merdeka Liwa, dengan menampilkan berbagai kostum tradisional dari 15 kecamatan yang ada di Lampung Barat. 

Turur hadir dalam acara ini, Bupati Lambar Parosil Mabsus, Wabup Lampung Barat Mad Hasnurin, Kapolres Lambar AKBP Heri Sugeng Priyanto, Perwakilan Kodim 0422/LB, Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat Nukman. Serta Ketua TP-PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus, Ketua GOW Gurti Komarawati Mad Hasnurin, dan jajaran Kepala OPD, Camat, Lurah serta ribuan masyarakat Lampung Barat.


Bupati Lambar Parosil Mabsus menyampaikan, Karnaval ini sebagai ajang untuk mempromosikan seni budaya yang ada di Kabupaten Lampung Barat. 

Festival ini, kata dia, menjadi salah satu wujud misi pemerintah Kabupaten Lampung Barat di bawah kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Mad Hasnurin (PM). Yaitu "Menjadikan kota liwa sebagai Kota Budaya”, dengan menyajikan budaya asli dari Bumi Sekala Bekhak.

"Lebih dari itu, karnaval ini juga bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi dan adat istiadat yang asli di Bumi Sekala Bekhak. Sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Lampung Barat," ucapnya.

Parosil mengungkapkan, event FSB ini adalah kebanggaan bagi kita semua. Dan pada tahun 2021 lalu, masuk menjadi satu-satunya event dari Provinsi Lampung yang masuk dalam Calender of Event Pariwisata Nasional, dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN). 

Selain itu, lanjut dia, pada tahun 2022 ini masuk kembali dalam 110 event yang ditetapkan Kemenparekraf sebagai event Festival Nasional, yang terpilih dari ribuan event yang ada di nusantara bersama dengan Festival Krakatau milik Pemerintah Provinsi Lampung.

Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak ini merupakan salah satu rangkaian dari perhelatan Festival Dekala Bekhak, di tahun ini 2022. Dengan mengangkat tema “Sekura”, yaitu kebudayaan asli di Kabupaten Lampung Barat.

"Kami bangga bisa mempertahankan kebudayaan ini di tengah arus modernisasi, yang terwariskan dari ratusan tahun silam dan masih lestari. Dan saat ini berkembang menjadi sajian atraksi di Bumi Sekala Bekhak," ungkapnya.

Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah mendukung kegiatan ini sehingga dapat berjalan baik dan meriah, serta tercapai tujuan dari dihelatnya festival ini. Kami juga mengharapkan, kedepan ada dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung, sehingga FSB masuk dalam Calender of Event Nasional, serta bersama-sama membesarkan perhelatan ini, pungkasnya. (Her)




     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment