Bupati Parosil Buka Festival Sekala Bekhak VIII Kabupaten Lambar

Bupati Parosil Buka Festival Sekala Bekhak VIII Kabupaten Lambar Foto. Herwanto bintangpost.com.

Lampung Barat (BP) : Sempat terhenti selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) kembali menggelar Festival Sekala Bekhak (FSB) ke.VIII tingkat kabupaten setempat.

Acara yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini, berlangsung selama tiga hari dari tanggal 10-13 Juli 2022 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Liwa, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat.

Bupati Lambar Parosil Mabsus yang membuka acara tersebut mengungkapkan, FSB ini merupakan ajang rutin tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat yang bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi dan adat istiadat yang asli di Bumi Sekala Bekhak Lampung Barat.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7124/bupati-lambar-terima-penghargaan-swk-dari-presiden-jokowi

http://bintangpost.com/read/7107/gubernur-dan-bupati-lambar-tinjau-lokasi-pengembangan-kja-di-lumbok-seminung

Sehingga melalui kegiatan ini, kata Bupati, ditujukan untuk memberi dampak peningkatan kunjungan wisatawan ke daerah Lampung Barat yang tentunya akan berpengaruh besar terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat.


Menurut Bupati, kegiatan ini sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi. Namun pada malam hari ini, dengan antusias masyarakat yang ada menunjukkan bahwa masyarakat memiliki keinginan yang sama dengan pemerintah. Yaitu untuk silaturahmi dan membangkitkan ekonomi dengan melakukan promosi budaya yang ada di Lampung Barat. Karena budaya di Lampung Barat memiliki budaya yang sangat apik, cantik dan indah.

"Untuk itu saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena kegiatan ini menjadi salah satu dari Pitu Program Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, yaitu menjadikan Kota Liwa sebagai Kota Budaya, sesuai dengan wujud nyata komitmen Pemkab Lambar, untuk mengangkat harkat, derajat dan martabat budaya yang ada di kabupaten ini," ujar Parosil, saat membuka kegiatan tersebut, Minggu (10/7/2022) malam.

Dan lestarinya budaya di Lampung Barat, lanjut dia, bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Daerah saja. Akan tetapi menjadi tanggung jawab kita semua seluruh lapisan masyarakat.

"Dengan budaya yang terawat, tentunya akan menarik minat wisatawan. Maka dari itu, mari kita lestarikan budaya yang ada. Jika suatu daerah menjadi tujuan wisata, pasti ekonomi juga akan maju dengan sendirinya," tuturnya.


Bupati juga berharap, dengan adanya festival ini akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat Lambar. Serta menanamkan kecintaan tehadap budaya yang harus di lestarikan. 

"Saya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk membentuk kepribadian dalam kebudayaan. Karena hal ini merupakan kecintaan terhadap budaya, dan juga berguna untuk merekatkan anak bangsa. Untuk itu, mari kita sukseskan acara ini, karena ini merupakan tanggung jawab kita semua, baik pemerintah maupun masyarakat," ungkapnya.

Diketahui, ribuan masyarakat antusias menyambut FSB VIII yang diisi dan dimeriahkan dengan rangakaian pesta budaya, diantaranya Budaya Sekura Cakak Buah,  Festival Nyambai, Penampilan Orkes Gambus Tradisional, Lomba foto dan video pariwisata dan budaya, Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif, Fashion Show Etnik Sekala bekhak, dan Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak.

Kharisma Event Nasional Festival Sekala Bekhak VIII yang mengusung tema "The Mask of Nation" yang dibuka oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dengan pemukulan gong ini. Merupakan event yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (Calender Event Nasional) mewakili Provinsi Lampung. Dan pada tahun 2022 ini, Festival Sekala Bekhak kembali masuk ke dalam 110 event nasional Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diluncurkan Kemenparekraf.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Lambar, Mad Hasnurin, Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung Barat, Ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus, Ketua GOW Gurti Komarawati, Ketua DWP Dewi Adi Utama. Serta anggota DPRD Lambar, Polres Lambar, Kodim 0422/LB, jajaran Kepala OPD, Camat, Lurah/Peratin, dan masyarakat. (her)



     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment