Antisipasi Kerawanan Pangan, Pemkab Pringsewu Bangun Lumbung

Antisipasi Kerawanan Pangan, Pemkab Pringsewu Bangun Lumbung Foto. Wasis bintangpost.com.

Pringsewu (BP) : Antisipasi kerawanan pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu melalui Dinas Ketahanan Pangan setempat membangun Lumbung Pangan.

Pembangunan Lumbung yang menggunakan dana DAK Fisik Pertanian dari Kementrian Pertanian tahun 2022 tersebut, dibangun di Pekon Sukaratu, Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu. 

Bambang Irawan, selaku pengurus Poktan Secancanan Pringsewu mengapresiasi atas pembangunan lumbung yang dibangun oleh pemerintah pusat di Kabupaten Pringsewu tersebut.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/6276/pekon-pagelaran-kampung-budidaya-ikan-nila-nasional

http://bintangpost.com/read/6247/sosialisasi-kpb-dinas-pertanian-pringsewu

Menurut dia, itu merupakan progres yang luar biasa serta juga kerja nyata dari pemerintah pusat. Karena pembangunan ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Ini merupakan keseriusan dari pemerintah. Mengingat pentingnya manfaat lumbung pangan yang akan dirasakan langsung oleh masyarakat di kecamatan ini," tuturnya, Jumat (1/7/2022).


Dia menerangkan, pada saat masyarakat menghadapi kesulitan bahan pokok pangan, maka lumbung ini bisa memberikan solusinya. Bahkan menurutnya, permasalahan klasik yang selalu dihadapi petani saat musim panen raya, ketika tengkulak lebih menguasai pasar, maka keberadaan lumbung pangan ini bisa menjadi jalan keluar.

Dan lumbung ini juga, dia menambahkan, bisa jadi pilihan petani di kecamatan ini untuk menyimpan hasil gabah. Semuanya akan tersimpan dan tercatat rapih secara administratif, dan petani akan memperoleh keuntungan karena tidak perlu repot menyimpan hasil panennya dirumah. Dan di lumbung ini juga para petani bisa mengambilnya kapan saja dengan harga diatas pengepul.

"Tentunya pembangunan lumbung pangan ini juga butuh dukungan dari semua pihak. Karena manfaat lumbung ini nantinya sangat luar biasa, dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Dan saya juga berharap, peran serta media sangat penting dalam hal ini, untuk memberikan informasi yang tepat kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Pagelaran, khususnya manfaat lumbung pangan untuk masyarakat," ungkapnya. (Wasis)



    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment