Bupati Parosil Lantik Peratin di Kecamatan Batu Ketulis dan Sekincau

Bupati Parosil Lantik Peratin di Kecamatan Batu Ketulis dan Sekincau Foto. Herwanto bintangpost.com.

Lampungbarat (BP) : Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus melantik sebanyak 6 perantin di Kecamatan Batu Ketulis dan Kecamatan Sekincau, Minggu (22/5/2022).

Enam orang Peratin yang dilantik yaitu, empat orang dari Kecamatan Batu Ketulis, diantaranya Mat Riyadi, S.Pd sebagai Peratin Pekon Luas, Suryanto sebagai Peratin Pekon Argomulyo, Murtoyo sebagai Peratin Pekon Batu Kebayan, dan Nasution sebagai Peratin Pekon Campang Tiga, yang dipusatkan di Pekon Luas.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/6770/bulan-imunisasi-anak-nasional-kabupaten-lambar

http://bintangpost.com/read/6695/bupati-parosil-lantik-peratin-periode-2022-2028-di-dua-kecamatan

Kemudian, dua orang Peratin di Kecamatan Sekincau, yaitu Heri Subagio sebagai Peratin Pekon Waspada, dan Subandi, SE, sebagai Peratin Pekon Tiga Jaya, yang dilantik di Pekon Tiga Jaya.

Diketahui, pelantikan tersebut merupakan pelantikan peratin yang terakhir dari rangkaian pelantikan di 15 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Barat, yang terpilih dalam pemilihan peratin serentak yang digelar beberapa waktu lalu di kabupaten setempat.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, beserta jajaran anggota DPRD setempat, Ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus, jajaran Kepala OPD Lambar, Camat Batu Ketulis dan Sekincau, jajaran Uspika dan peratin di dua kecamatan tersebut.


Diketahui juga dalam pelantikan tersebut, diisi dengan berbagai macam pelayanan untuk mempermudah masyarakat, baik dari instansi horizontal dan instansi vertikal. Diantaranya, pelayanan Administrasi Kependudukan, seperti perekaman e-KTP, Penerbitan KK, e-KTP, KIA, akta kematian, kelahiran dan perkawinan. Serta pelayanan perizinan, seperti pembuatan kartu pencari kerja (kartu kuning), Izin UMKM, izin urusan kesehatan (praktek dokter, bidan, perawat dan apoteker).

Kemudian, pelayanan KB, Vaksinasi Covid-19 dan cek golongan darah, pemeriksaan kesehatan hewan ternak, serta pelayanan perpustakaan keliling. Dan empat pelayanan instansi vertikal yakni, Sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat), Kementerian Agama, Pengadilan Agama, dan BPJS Kesehatan.

Selain itu, Bupati Parosil juga memberikan secara simbolis, bantuan kepada para kelompok tani di Kecamatan Batu Ketulis dan Kecamatan Sekincau.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Parosil menyampaikan ucapan selamat kepada Peratin yang baru dilantik. Dan berharap pemimpin baru ini bisa menjalankan amanah dengan baik sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. 

"Saya meminta kepada Peratin yang baru dilantik ini, agar dapat merangkul seluruh lapisan masyarakat. Walaupun itu berbeda dukungan pada saat pemilihan bulan lalu. Ciptakan suasana keamanan, ketertiban, kesejahteraan, keharmonisan, kedamaian dan ketenangan untuk masyarakat," ungkapnya.


Para peratin yang dilantik ini, kata Parosil, sesuai dengan konstitusi dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Maka dari itu, fokuskan pada tujuan yaitu membangun dan memajukan Pekon, dan harus bekerjasama dengan Uspika Kecamatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat secara umum.

"Saya juga berharap kepada para peratin ini, agar dapat mempelajari peraturan yang berlaku, amanah dan bertanggungjawab, dan menjalankan tugas serta fungsi sebagai peratin dengan sebaik-baiknya. Memunculkan motivasi, inovasi serta pemikiran yang aktual, untuk mengisi pembangunan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," harapnya.

Dan juga, Peratin yang baru menjabat agar tetap berkoordinasi dengan Peratin sebelumnya sebagai tempat belajar. Ajak bersama-sama bergotong royong saling bertukar pikiran dalam memajukan pekon. Jadikan Peratin sebelumnya sebagai gurumu, sahabatmu, Keluargamu. Karena dia bisa menjadi tempat belajar, masukan dan saran bagi saudara-saudara, timpalnya.

Selanjutnya, atas nama pribadi dan Kepala Daerah, saya juga mengucapkan terima kasih Kepada Polri-TNI dan seluruh pihak atas kerjasama dan bantuannya selama pelaksanaan proses pelantikan Peratin periode 2022-2028 se-Kabupaten Lampung Barat ini, pungkasnya. [Her]


Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment