Dapat Penghargaan Terbaik, Bupati Dewi Ajak Semua Pihak Tingkatkan Minat Baca di Tanggamus

Dapat Penghargaan Terbaik, Bupati Dewi Ajak Semua Pihak Tingkatkan Minat Baca di Tanggamus Foto. Zulkarnain bintangpost.com.

Tanggamus (BP) :  Bupati Tanggamus, Dewi Handajani selaku Bunda Literasi Kabupatrn Tanggamus, menerima penghargaan sebagai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten/Kota Terbaik dalam Implementasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dari Perpustakaan Nasional.

Penerimaan penghargaan tersebut diterima Bupati Tanggamus, di Rumah Dinas Bupati Kecamatan Kota Agung, Kamis (24/2/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dewi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tanggamus atas kerja keras, sehingga Kabupaten Tanggamus meraih Penghargaan Perpustakaan terbaik Tingkat Nasional.

"Saya sebagai Bunda Literasi Tanggamus, terus berupaya untuk memajukan dan mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan minat baca di Kabupaten Tanggamus ini," ujarnya.


Bunda Dewi, sapaan akrabnya ini mengungkapkan, bahwa dirinya ingin melibatkan jajaran ketua PKK Kecamatan dan Pekon di kabupaten setempat, untuk bisa menambah wawasan nya sebagai ketua PKK dan sebagai Bunda Literasi dalam membantu dan sebagai mitra Pemerintah Daerah.

"Ada 35 program inovasi yang sudah disampaikan dan programnya berjalan dengan baik. Dan saya menila, semua itu luar biasa bisa mendukung Bunda Literasi di Tanggamus ini, sehingga terwujud dan terinplementasi dengan baik demi untuk kemajuan bagi generasi kedepan," jelasnya.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/6228/dapur-rutan-kota-agung-raih-sertifikat-laik-hygiene-jasa-boga

http://bintangpost.com/read/6226/bupati-dewi-launching-bpnt-2022-kabupaten-tanggamus

http://bintangpost.com/read/6219/bahas-pasar-talang-padang-bupati-tanggamus-gelar-rapat-koordinasi

Bupati juga mengharapkan, berbagai inovasi yang sudah diraih ini semoga dapat mendorong bahwa literasi bukan hal yang pilihan tetapi suatu hal kebutuhan. Dan setiap pekon, diharapkan dapat berperan aktif dalam memajukan literasi di Tanggamus. 

"Kita akan lihat, dan semoga tidak berlebihan. Karena semangat dan motivasi saya tidak bisa sendiri, melainkan kerja sama kita semua agar Bunda Literasi dapat terinplementasi dengan baik di kabupaten Tanggamus ini," ucapnya.

Dan mudah-mudahan, dengan adanya Literasi, bertambah lagi wawasannya serta bertambah lagi produk UMKM nya dalam pembelajaran didalam Literasi, tutup Bupati.

Sementara itu, Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan dan Arsip Daerah, Johan Wahyudi menuturkan, sebagaimana telah ditetapkan oleh Perpustakaan Nasional. Hal ini harus sampaikan juga secara seremonial, penghargaan sebagai Perpustakaan Terbaik Tingkat Nasional.

"Dan Alhamdulillah, ini satu-satunya di Lampung. Dan penghargaan ini adalah usaha dengan tetap mengedepankan dedikasi kita sebagai motivasi, dan kita fokus ke arah apa yang mau kita targetkan itu harus selalu kita jadikan sebuah barometer untuk lebih maju kedepan," tuturnya.

Selain pengajaran terbaik Tingkat Nasional untuk Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tanggamus, Johan juga mengungkapkan bahwa, diberikan juga reward untuk tiga Pekon di Kecamatan. Yaitu Pekon Landsbaw, Kecamatan Gisting, Gunung Terang Kecamatan Bulok, dan Pekon Sukabanjar, Kecamatan Gunung Alip, sebagai Pekon Literasi terbaik di Kabupaten Tanggamus.

Kemudian dalam hal ini kita juga dibantu juga ilmunya sosialisasi mengenai bagaimana perpustakaan mampu menjalankan program strategis nasional berupa program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial konsepnya program nasional dan sebagai program prioritas ketiga dalam rangka penguatan manusia unggul berkualitas tangguh.

"Harapannya kedepan, kita bisa lebih maju lagi dan tidak hanya secara predikat seremonial saja. Tetapi lebih dari itu, perpustakaan betul-betul dimanfaatkan untuk memberdayakan masyarakat jadi keberadaan institusi ini adalah bagian kebutuhan bagi masyarakat," pungkasnya. [zul]





Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Tanggamus.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment