Hadapi Musim Tanam, Petani Pringsewu Gelar Tradisi Mapak Tuyo

Hadapi Musim Tanam, Petani Pringsewu Gelar Tradisi Mapak Tuyo Foto. Anton bintangpost.com.

PRINGSEWU-BINTANGPOST : Menyambut musim tanam padi, para petani di Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu menggelar tradisi unik Mapak Tuyo.

Ritual tersebut merupakan tradisi turun-temurun masyarakat setempat, menandai datangnya musim penghujan sekaligus persiapan masa tanam padi, yang digelar di Bendungan Way Gatel, Kecamatan Gadingrejo, kabupaten setempat, Sabtu (23/10/2021).

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/5395/pemkab-pringsewu-gelar-upacara-hari-santri-nasional-2021

http://bintangpost.com/read/5391/mas-fauzi-beri-bantuan-sound-system-yayasan-kesti-ttkkdh

http://bintangpost.com/read/5388/tanjunganom-dapat-penghargaan-pekon-layak-anak-pringsewu-2021

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Pringsewu Sujadi, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay yang sekaligus Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Lampung. Hadir juga Kadis Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Kepala OPD terkait di lingkup Pemkab Pringsewu, Ketua P3A Pringsewu, aparat kecamatan dan pekon, serta tokoh masyarakat setempat.

Upacara Mapak Tuyo diawali dengan arak-arakan upakara dan hasil bumi para petani, yang selanjutnya dilarung ke sungai. Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula penanaman pohon penghijauan di bantaran sungai Way Gatel.


Bupati Sujadi dalam sambutannya, mengapresiasi diadakannya Mapak Tuyo yang merupakan tradisi leluhur tersebut. Melalui Mapak Tuyo, kata Bupati, yang artinya menjemput air ini, masyarakat diingatkan akan pentingnya menjaga air sebagai sumber kehidupan. 

Untuk itu, lanjut Bupati, atas nama Pemkab Pringsewu dirinya mengucapkan terima kasih kepada para petani, baik petani pemilik sawah maupun buruh tani, termasuk juga petugas ili-ili (petugas pengatur pembagian air). 

"Yang dilakukan P3A ini adalah dalam rangka memakmurkan bumi, dan menyerap hasil bumi sebaik-baiknya. Apresiasi juga disampaikan kepada siapapun yang berjuang untuk pertanian, apalagi untuk Pringsewu yang terus-menerus mempertahankan sebagai Swasembada Pangan. Dan pada 2014 lalu, Presiden Jokowi telah memberikan penghargaan sebagai Swasembada Pangan untuk Kabupaten Pringsewu," katanya. [anton]

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment