Pesawaran Gelar Forum Konsultasi Publik RA-RKPD

Pesawaran Gelar Forum Konsultasi Publik RA-RKPD Forum Konsultasi Publik RA-RKPD Pemkab Pesawaran.

BINTANGPOST : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran menggelar forum konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RA-RKPD) pembangunan kabupaten setempat. Dalam rangka kesepakatan rencana kegiatan tahun anggaran yang akan datang.

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Ketua I DPRD Pesawaran Rifanzi, Kepala BPS Pesawaran Wintarti Diah Indriyani, para Asisten, Staf Ahli, dan kepala OPD Pemkab Pesawaran. Dibuka oleh Sekretaris daerah Kabupaten (Sekdakab) Pesawaran Kesuma Dewangsa.

Sekdakab menuturkan, kegiatan ini mempunyai arti penting bagi pembangunan Kabupaten Pesawaran. Karena dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan, untuk menyepakati rencana kegiatan tahun anggaran yang akan datang. 

"Ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mekanisme perencanaan, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah," jelasnya, saat membuka kegiatan yang digelar di gedung serba guna pemkab setempat, Rabu (31/1/2018).

Menurutnya, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019 merupakan dokumen perencanaan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD Kabupaten Pesawaran 2016-2021. Dan merupakan tahap penguatan dan momentum yang strategis, untuk terus memacu pencapaian target indikator dan sasaran pembangunan sebagai acuan dalam menyusun program tahun anggaran 2019.

"Didalam kerangka besar perencanaan pembangunan jangka menengah, penyusunan RKPD kabupaten Pesawaran tahun 2019 akan selalu berkomitmen untuk konsisten dalam melaksanakan visi misi program yang telah ditetapkan. Sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang RPJMD Kabupaten Pesawaran Tahun 2016-2021 dengan visi 'Bersama Masyarakat Pesawaran Mewujudkan Cita-Cita Luhur, Mewujudkan Kabupaten Pesawaran Yang Maju, Makmur Dan Sejahtera'," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan posisi strategis Kabupaten Pesawaran yang memiliki destinasi unggulan, perlu pengembangan kawasan strategis kabupaten, sehingga akselerasi pembangunan dapat lebih cepat terwujud. Sesuai dengan rancangan tema pembangunan Kabupaten Pesawaran tahun 2019, yaitu penguatan infrastruktur dalam mendorong investasi dan memantapkan pengembangan potensi unggulan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. 

Sekda juga menambahkan, dengan didorong oleh komitmen untuk percepatan dan sinergi pembangunan maka prioritas pembangunan kabupaten Pesawaran tahun 2019 difokuskan pada, infrastruktur dan konektivitas wilayah, pendidikan, kesehatan dan pembinaan mental, tata kelola pemerintahan. 

Lalu reformasi birokrasi, iklim investasi, industri, koperasi, UMKM dan pariwisata pertanian dan perikanan, serta penguatan desa tangguh dan mandiri.

"Pekerjaan yang kita hadapi ke depan memang tidak ringan, mengingat permasalahan keterbatasan anggaran yang dimiliki menuntut Pemerintah Daerah untuk melakukan reorientasi dalam kebijakan alokasi anggaran. Untuk itu saya mengharapkan, agar forum konsultasi publik ini dapat menghasilkan kesepakatan prioritas pembangunan di Kabupaten Pesawaran, dalam rangka menuju Pesawaran maju, makmur, dan sejahtera," pungkasnya. (Arya)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment