Coklit Pemutakhiran Data Pemilih Tahapan Strategis Sekaligus Krusial

Coklit Pemutakhiran Data Pemilih Tahapan Strategis Sekaligus Krusial A. Andoyo, Ketua KPUD Kabupaten Pringsewu.

BINTANGPOST : Tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemutakhiran data pemilih, merupakan penentu yang mempunyai peran strategis sekaligus krusial dalam pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada). 

Hal tersebut dikatakan ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pringsewu A. Andoyo, kepada bintangpost.com, Kamis (18/1/2018).

"Tahapan Coklit pemutakhiran data pemilih ini, merupakan salah satu tahapan yang paling strategis sekaligus krusial. Karena tahapan Coklit ini, menentukan bagi tahapan dan proses pelaksanaan pemilu selanjutnya," jelas Andoyo, saat ditemui dikantornya.

Dia juga menjelaskan, melalui tahapan ini juga bisa diketahui seperti penentuan jumlah TPS, alokasi logistik, pola sosialisasi pemilu. Serta kampanye, rekapitulasi hasil suara, dan lain sebagainya. 

"Jika hasil penyusunan daftar pemilih ini bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan pemilu selanjutnya juga akan terganggu," tuturnya.

Untuk itu, dia berharap, kepada para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) disetiap pekon, agar benar-benar dapat melakukan tahapan Coklit ini dengan baik. Dengan langsung mendatangi rumah-rumah pemilih, dan teliti dalam mencocokkan data pemilih yang ada disetiap Pekon.

Karena setiap PPDP, tambahnya, merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. Tugas dari PPDP ini adalah tugas yang mulia dan sangat penting. Karena tugas ini merupakan bentuk pelayanan KPU, dalam melayani hak konstitusional setiap warga negara dalam menggunakan hak pilihnya. 

"Untuk itu saya berpesan kepada seluruh PPDP Kabupaten Pringsewu, tugas yang dilakukan ini harus dilakukan secara baik dan tepat, dan harus dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh serta penuh tanggung jawab. Jaga selalu integritas dalam bekerja, dan dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti PPS dan aparat pekon baik RT maupun RW, sehingga akan mendapatkan hasil data yang benar-benar akuntabilitas dan dapat dipertanggung jawabkan," ungkapnya. (Cikhan)

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment