Polda Lampung Akan Bantu Survey untuk Lampung Alternatif Ibukota Negara

Polda Lampung Akan Bantu Survey untuk Lampung Alternatif Ibukota Negara Foto : Kapolda Lampung Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo ( istimewa)..

BINTANGPOST : Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Polisi (Irjenpol) Suroso Hadi Siswoyo mengungkapkan pemikirannya tentang besarnya partisipasi Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) sebagai salah satu organisasi sosial kemasyarakatan (Orsosmas) yang dapat mengambil peran lebih dalam turut menggaungkan perjuangan menjadikan Lampung sebagai alternatif calon lokasi ibu kota negara.

"Lampung ini bagian daripada Indonesia yang nantinya industri strategis (nasional) itu ada di Lampung, dan teman-teman saya di pusat sudah melakukan kajian-kajian. DIPA (daftar isian pelaksanaan anggaran --red)-nya, anggarannya itu ada di situ," katanya saat Press Conference Akhir Tahun 2017 Polda Lampung di Mapolda, Kamis (28/12/2017). 

"Khusus industri strategis PAL (PT. Penataran Angkatan Laut Indonesia, BUMN industri manufaktur pertahanan/kemaritiman), PINDAD (PT. Perindustrian Angkatan Darat, BUMN industri manufaktur pertahanan), dan sebagainya, dermaga-dermaga internasional, penerbangan internasional, maka bukan menafikkan ketika PATRI merupakan yang baik keberadaannya, bisa ditunjukkan elektabilitasnya, menimbulkan satu kontribusi kemanfaatan dan kemaslahatan, disajikan kemudian dibandingkan ketika Pak Mukri (Prof. Dr. H. Mohammad Mukri, M.Ag., Rektor IAIN Bandar Lampung, ketua DPD PATRI Lampung 2017-2022) sebagai salah satu leading sector di situ, dengan indikator ibu kota negara sebagai salah satu alternatif," urainya.

Di hadapan sejumlah wartawan, ia menguraikan apa yang telah dilakukan Polda Lampung dalam merespons isu pemindahan ibu kota negara.

"Kami akan bantu satu survei nasional tentang bagaimana alternatif ibu kota negara. Ini selalu kami ingatkan, pas kebetulan kami ada (bertugas) di sini, karena ada berbagai macam survei industri strategis itu akan ada di Lampung, baik PT. PAL dan sebagainya, mulai dari pesisir barat itu dermaga-dermaga sudah mulai ditingkatkan, demikian pula dengan Angkatan Laut (TNI-AL --red)," ujarnya.

Terpisah,  inisiator Panja FGD DKI Lampung, panitia ad hoc yang gigih memperjuangkan pengusulan Lampung sebagai alternatif calon lokasi ibu kota pusat pemerintahan negara RI, Dr. Andi Desfiandi, M.A, menyambut gembira.

"Pernyataan Bapak Kapolda ini bukan hanya memberikan semangat pada kami dan masyarakat Lampung, tapi juga menjadikan motivasi bagi para penggagas, kalangan akademisi, narasumber, serta seluruh elemen masyarakat yang mendukung perjuangan Lampung sebagai ibukota pemerintahan RI pengganti DKI Jakarta," ujarnya.

Pria yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan Desapolitan Indonesia (YDI-Desindo) yang bergerak di bidang pemberdayaan dan penguatan masyarakat desa ini menambahkan, sudah banyak karya dan ikhtiar yang ditunaikan dan hasil akhirnya mari kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa melalui keputusan Presiden Jokowi dan persetujuan DPR nantinya. 

"Namun kami meyakini bila proses pemilihan calon lokasinya dilakukan melalui pendekatan secara objektif, realistis dan ilmiah tentunya akan memilih Lampung sebagai calon ibu kota negara yang paling tepat bagi kebaikan bangsa ini ke depan," ujarnya meyakinkan.(rels -aap).

Admin

Reporter bintangsaburai.com region Bandar Lampung.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment