Inovasi Perbankan Digital, Kinerja Positif Transformasi CIMB Niaga

Inovasi Perbankan Digital, Kinerja Positif Transformasi CIMB Niaga CIMB Niaga (Foto.Net).

Bintangpost : Dalam rangka memenuhi kebutuhan nasabah dalam perbankan, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus berusaha menghadirkan inovasi-inovasi perbankan digital. Inovasi ini sebagai bentuk kesiapan CIMB Niaga dalam meningkatkan kinerja positif yang berhasil diraih pada tahun-tahun sebelumnya, salah satunya adalah peningkatan basis ritel.

Direktur Strategy, Finance dan SPAPM CIMB Niaga Lee Kai Kwong beberapa waktu lalu mengatakan, CIMB Niaga menutup tahun 2022 dengan kinerja yang menggembirakan di tengah pemulihan dan kebangkitan ekonomi Indonesia dari tantangan global.

Menurut dia, hal itu terlihat pada peningkatan laba sebelum pajak yang mencapai Rp6,6 triliun atau tertinggi hingga saat ini. Dan saat ini, dia menyebutkan, ada lima Pilar Strategi CIMB Niaga termasuk program transformasi digital di seluruh segmen bisnis. Dan transformasi digital ini tetap menjadi prioritas strategis jangka panjang CIMB Niaga.

Dan ditahun 2023 ini, CIMB Niaga akan fokus pada peningkatan basis nasabah ritel dan pertumbuhan CASA melalui kapabilitas digital, perbaikan kualitas aset, kontribusi pendapatan non-bunga, serta inovasi perbankan digital dengan teknologi terkini dan pilihan layanan yang luas untuk nasabah.

Pentingnya Transformasi Bisnis Digital

Di era modern dengan perkembangan teknologi dan informasi yang cepat akan cukup disayangkan jika pengembangan bisnis digital tidak mendapatkan perhatian khusus dari kita sebagai pelaku usaha. Sebagaimana yang kita pahami bahwa, perkembangan bisnis digital saat ini tengah terus berjalan ke arah yang lebih baik. Untuk itu digitalisasi bisnis perlu di persiapkan mulai saat ini.

Dalam mendukung transformasi bisnis digital, CIMB Niaga selaku partner finansial bisnis, memiliki beberapa produk business banking yang membuat operasional bisnis lebih mudah dan nyaman. Di antaranya adalah BizChannel@CIMB dan juga Virtual Account.

BizChannel@CIMB hadir untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi bisnis digital dengan lebih aman. Sebab, layanan ini dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis untuk menjaga kerahasiaan data transaksi nasabah dalam bisnis digital. 

BizChannel@CIMB juga fleksibel untuk memenuhi kebutuhan proses approval transaksi yang beragam, mekanisme yang sederhana untuk mengunduh dan menyimpan data transaksi dalam format text file atau CSV untuk membantu proses rekonsiliasi nasabah, serta berbagai kemudahan serta fleksibilitas untuk akses yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis nasabah yang spesifik. 

Selain BizChannel@CIMB, nasabah juga bisa menggunakan Virtual Account CIMB Niaga. Virtual Account merupakan akun pembayaran yang dibuat khusus untuk keperluan transaksi digital secara otomatis dan real time serta langsung terkoneksi dengan rekening perusahaan konsumen maupun nasabah. 

Layanan Mobile Banking, OCTO Mobile dan Internet Banking OCTO Clicks

CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Selama tahun 2022, 97 persen dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Automated Teller Machines (ATM), dan Rekening Ponsel.

Dalam prosesnya, OCTO Mobile, digital super app CIMB Niaga, memimpin tren digitalisasi dan menyediakan berbagai kemudahan perbankan, mulai dari penyediaan transaksi yang lengkap, pilihan investasi dan pinjaman, hingga kemudahan untuk gaya hidup, seperti pembelian tiket pesawat.

Inovasi ini merupakan salah satu pelopor dalam industri perbankan digital di Indonesia. OCTO Mobile meraih penghargaan dari berbagai institusi atas beragam inovasi dan memberikan pengaruh positif kepada para nasabah di tahun 2022. Salah satu penghargaan diberikan oleh Bisnis Indonesia sebagai ‘Highly Impactful Digital Banking App.

Kedepan, untuk meningkatkan kapabilitas OCTO Mobile sebagal digital super app, CIMB Niaga telah meluncurkan versi terbaru OCTO Mobile yang mengintegrasikan dan memperkenalkan teknologi, keamanan, dan tampilan terbaru.

Dengan hal itu, CIMB Niaga menghadirkan transformasi yang signifikan dan menarik di OCTO Mobile. Hal ini memperkuat komitmen untuk selalu mengedepankan nasabah sebagai bagian dari kampanye Anda #YangUtama.

Diketahui, ketentuan ini sudah melayani 98 persen transaksi digital banking per akhir Juni 2023. Hal ini didorong dari volume layanan mobile banking, yakni OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks yang meningkat pesat menyentuh 92 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).  

Peningkatan tersebut menunjukkan antusiasme nasabah yang makin tinggi dalam memanfaatkan fitur digital, mulai dari pembukaan deposito, pengajuan cicilan kartu kredit hingga pembukaan tabungan.  

Dan saat ini, CIMB Niaga bakal meng-encourage nasabah untuk pindah ke transaksi digital, misal melalui OCTO Mobiles, OCTO Clicks bahkan OCTO Pay. Namun begitu, transaksi konvensional masih ada, karena segmen-segmen tertentu masih memerlukan itu. 

Selain itu, untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga juga meningkatkan pengalaman konsumen dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 417 cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounge).

Per 31 Desember 2022 lalu, jaringan Bank secara nasional didukung oleh 4.207 ATM (termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine) dan 298.866 electronic data capture (EDC).

Di masa mendatang, tidak hanya Transformasi Digital, CIMB Niaga juga bakal menyulap Cabang Konvensional menjadi Hybrid CIMB Niaga (BNGA). Hal ini dilakukan dalam upayanya untuk menghadirkan pengalaman perbankan yang praktis di era digital. 

Kantor cabang dengan konsep hybrid yang memadukan antara Cabang Konvensional dan Digital Lounge ini menawarkan pengalaman perbankan yang lengkap dan serba digital dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal. 

Melalui Digital Branch, nasabah dapat memanfaatkan beragam fasilitas perbankan terkini yang sebelumnya ada di Digital Lounge seperti mesin Self Service Banking, Video Banking, perangkat Tablet, OCTO Vending Machine, dan beragam fasilitas digital lainnya didukung oleh seorang Digital Service Officer.  

Layanan tersebut tentunya menjadi nilai tambah yang semakin melengkapi layanan dan fasilitas utama kantor cabang konvensional seperti Customer Service, Teller, serta CIMB Preferred Lounge dan Safety Deposit Box di beberapa kantor cabang. 

Digital Branch ini juga menjadi tonggak baru transformasi layanan kantor cabang di CIMB Niaga. Dengan layanan hybrid, nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan sesuai dengan preferensi masing-masing, baik secara self service berbasis digital maupun dengan layanan personal dari Digital Service Officer dan staf CIMB Niaga. (Dodi)





    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Nasional.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment