Kunjungan Gubernur Lampung ke Kabupaten Lampung Barat

Kunjungan Gubernur Lampung ke Kabupaten Lampung Barat Foto. Red bintangpost com.

Lampungbarat (BP) : Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman beserta jajaran, untuk menjalin sinergitas dan mengawali tahun 2023 dengan niat melaksanakan seluruh program pembangunan yang lebih baik serta langsung menyentuh masyarakat.

Hal itu dikatakan Gubernur Arinal, dalam Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Lampung Barat. sekaligus menyaksikan secara langsung kegiatan pembangunan, keadaan masyarakat, situasi keamanan dikabupaten setempat, Selasa (24/1/2023). 

Diketahui, Kunker Gubernur Lampung tersebut, diawali dengan pembinaan kepada Aparatur Sipil Negeri (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lambar, di Sekolah Kopi Pekon Suka Jaya Kecamatan Sumber Jaya kabupaten setempat.


Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati Lambar Drs. Nukman menyampaikan terimakasih atas silaturahmi sekaligus pembinaan kepada ASN di Lingkungan Pemkab Lambar oleh Gubernur Lampung.

Nukman mengatakan, sejauh ini Pemkab Lambar sudah mendukung penuh atas program pembangunan di Lampung, diantaranya dapat dilihat dari tema pembangunan Lambar tahun 2023 yakni 'Penguatan ekonomi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur publik'.

Dia juga berharap, agar Pemerintah Provinsi Lampung terus memberikan dukungan terhadap pembangunan di Lambar. Sebab, dukungan Pemerintah Provinsi Lampung sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pembangunan di Lambar. 

"Saya juga ingin menyampaikan terimakasih atas program yang telah dijalankan Pemerintah Provinsi Lampung di Kabupaten Lambar. Diantaranya di sektor pertanian dan perkebunan, yang merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung. Selain itu di bidang infrastruktur, dengan pembangunan jalan Kecamatan Suoh sepanjang 1,15 Km, Pembangunan jalan di Kecamatan Kebun Tebu dengan nilai mencapai Rp12 M," ungkapnya. 

Saya juga berharap, kedepannya Pemprov Lampung dan Pak Gubernur Lampung dapat mendukung rencana pembangunan di ruas jalan Liwa-Sumatra Selatan sepanjang 19,1 Km, ungkapnya.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7808/pemkab-lambar-beri-penghargaan-kejari

http://bintangpost.com/read/7725/apel-deklarasi-pekon-dan-kelurahan-tangguh-bencana-kabupaten-lambar

Sementara itu, Gubernur Lampung mengatakan, untuk mewujudkan sasaran  pembangunan di Lampung perlu adanya kontribusi dan dukungan dari Kabupaten/Kota. Oleh karena itu, Gubernur meminta kepada Pemkab Lambar, kedepannya dapat berkontribusi dalam menjalankan pembangunan di Lampung.

"Saya ingin menegaskan, untuk mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan nasional, termasuk di dalamnya tujuan dan sasaran pembangunan Provinsi Lampung, diperlukan kontribusi dari Pemerintah Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga Pekon," Tegas Gubernur Lampung.


Gubernur Arinal juga menyampaikan, catatan untuk Kabupaten Lambar kedepannya  dibutuhkan penguatan ekonomi rakyat dengan mengoptimalkan perkebunan kopi masyarakat baik melalui diversifikasi intercroping dan crop livestock ternak kambing dengan kopi, untuk meningkatkan pendapatan petani. 

"Mengingat PDRB perkapita Lambar saat ini terendah di Provinsi Lampung 24 juta pertahun perjiwa. Juga hilirisasi hortikultura seperti cabe dan tomat yang saat panen harga jual jatuh, perlu di lakukan program hilirisasi terhadap produksi hortikultura," ucapnya.

Untuk mendukung akses Perekonomian di Kabupaten Lambar di Tahun 2023, kata dia, Pemprov Lampung akan melaksanakan pembangunan dan pemeliharaan beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi.

Diantaranya, pembangunan ruas Pekon Balak-Suoh, pembagunan ruas Suoh-Sp. Blok 9, pembangunan Sp. Trimulyo-Bungin-SP Tugu Sari, pemeliharaan Liwa-Batas Sumatera Selatan.

"Saya juga berpesan kepada masyarakat Lambar, agar selalu menjaga kekompakan, rukun dan bersatu, seba, untuk menuju Lampung Berjaya, tidak bisa hanya di lakukan oleh pihak Pemerintah saja tanpa dukungan dari seluruh lapisan masyarakat," pungkasnya.


Diketahui, usai melakukan pengarahan terhadap ASN Kabupaten Lambar, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan stand UMKM oleh Gubernur Lampung di dampingi Pj. Bupati Lambar. Sambil mengelilingi stand, Gubernur nampak menikmati berbagai olahan yang disuguhkan pemeran UMKM.

Gubernur Arinal juga mengapresiasi olahan makanan yang disuguhkan para pelaku UMKM. Dan berharap kedepannya UMKM yang ada, dapat dibina dan diarahkan melalui Dinas Koperasi, agar UMKM dapat lebih bergairah dalam memasarkan berbagai produk kuliner khas daerah Lambar.

Selanjutnya, Gubernur Lampung juga menghadiri pengajian Akbar, yang diikuti ribuan masyarakat Lambar di Lapangan Sanayuda Kelurahan Pajar Bulan, Kecamatan Way Tenong Lambar, yang menghadirkan Ustadz Sholeh Mahmoed (Ustadz Solmed).

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut untuk meningkatkan iman dan taqwa kita semua, sekaligus menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Terutama mendapatkan berkah, dalam upaya mewujudkan Kabupaten Lambar berdaya saing, maju dan sejahtera. 

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7931/lambar-dapat-tambahan-kuota-solar-dan-partalite

Dan juga, merupakan konsep untuk membangun komunikasi dalam rangka silaturahmi antar sesama umat, meningkatkan silaturahim antara Pemprov Lampung dengan masyarakat di Kabupaten Lambar. 

Sementara Gubernur Arinal menyampaikan pencapaian sekaligus program kerja yang sedang dilakukan Pemprov Lampung bersama Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pembangunan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Lampung. Salah satunya adalah Kartu Petani Berjaya, yang hingga November 2022, kinerja program kartu petani berjaya tersebut telah mampu mendorong penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai Rp452,54 Milyar, untuk 12.221 petani.

Lalu di bidang keagamaan, untuk memperkuat kualitas hidup antar umat beragama, dengan menyalurkan bantuan terhadap rumah ibadah dan pondok pesantren sebagai pusat informasi dan pendidikan publik untuk menangkal radikalisme serta mengembangkan sikap kebangsaan. Dengan telah menyalurkan bantuan sarana dan prasarana rumah ibadah sebanyak 677 Unit, serta pencairan dana hibah untuk renovasi rumah ibadah sebanyak 238 unit.

Gubernur juga meminta seluruh masyarakat Lambar, agar kedepannya bersama-sama berpartisipasi aktif dalam mendukung pembangunan di Provinsi Lampung. Bersama-sama mendoakan pembangunan yang dilaksanakan saat ini, agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses. (Adv)













    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment