TP-PKK Kabupaten Pesibar Gelar Sosialisasi Biopori

TP-PKK Kabupaten Pesibar Gelar Sosialisasi Biopori Foto. Herwanto bintangpost.com.

LPesibar (BP) : Dengan mengusung tema 'Dengan Metode Biopori Mari Kita Ciptakan Sumur Resapan Serta Keanekaragaman Hayati Dalam Tanah', TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menggelar sosialisasi Biopori.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Ketua TP-PKK Pesisir Barat Yulnawati Zulqoini ini, berlangsung di Sekretariat TP-PKK Pesibar, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (7/11/2022). 

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7618/pelatihan-vocational-pembuatan-produk-dengan-teknik-ecoprint-kabupaten-pesibar

http://bintangpost.com/read/7459/gelar-rapat-rutin-bulanan-ini-pesan-ketua-tppkk-kabupaten-pesibar

Dalam sambutan, Wakil Ketua TP-PKK Pesisir Barat Yulnawati Zulqoini menyampaikan, Biopori adalah lubang resapan yang dibuat vertikal kedalam tanah sebagai metode resapan air, yang bertujuan untuk mengatasi genangan air dengan cara  meningkatkan daya resap air pada tanah. 


Peningkatan daya resap air pada tanah ini, kata dia, dibuat dengan cara membuat lubang pada tanah dan menimbun dengan sampah organik. Karena sampah organik yang dimasukkan ke dalam lubang biopori, akan menghasilkan pupuk organik (kompos). 

"Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang Biopori ini, akan menghidupi fauna tanah, yang selanjutnya akan mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Dan pori-pori didalam tanah inilah yang disebut dengan Biopori," jelasnya.

Yulnawati Zulqoini jugabmenjelaskan, sampah organik yang di hasilkan setiap rumah tangga, bila di masukan ke dalam tanah akan segera di manfaatkan keanekaragaman hayati dalam tanah. Sementara itu sampah yang tidak lapuk, dapat dimanfaatkan untuk di daur ulang. Dan juga, air hujan yang cepat meresap kedalam tanah, sebagai simpanan air untuk menjamin ketersediaan air di masa kemarau. 

"Saya berharap, agar ibu-ibu peserta sosialisasi ini dapat mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari apa yang narasumber sampaikan. Dan dapat segera mengaplikasikan ilmu nya ini di lingkungan masyarakat sekitar kita," tuturnya. 

Diketahui, turut hadir dalam acara tersebut, jajaran pengurus TP-PKK Kabupaten Pesibar,  dengan menghadirkan narasumber Muchtar Husin, SP, serta para peserta dari jajaran TP-PKK Kecamatan, dan TP-PKK Pekon beserta Pokja. (her)






     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesisir Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment