19.000 Batang Pohon Tertanam di Bumi Perkemahan Jatiagung

19.000 Batang Pohon Tertanam di Bumi Perkemahan Jatiagung Foto:humasrov.

BINTANGPOST: Presiden RI Joko Widodo dalam pengarahannya yang disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Piter Syahbudin pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Provinsi Lampung Tahun 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka Kotabaru, Desa Purwotani, Jati Agung, Lampung Selatan  Kamis (14/12/2017), mengatakan pengelolaan hutan dan lahan diharapkan mampu memberikan manfaat nyata bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat seiring dengan peningkatan produktivitas hutan dan lahan serta terpeliharanya kelestarian alam.

"Masyarakat dapat melakukan penanaman pohon sebanyak 25 batang setiap orang selama hidup,” ujar Pieter membacakan arahan Presiden. 

Kegiatan ini, lanjut Pieter, memiliki arti bahwa pengelolaan hutan dan lahan tidak lepas dari keterlibatan seluruh pihak, baik pemerintahan, organisasi massa dan masyarakat sebagai pelak utama pengelolaan hutan dan lahan.

Presiden RI juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menanam pohon bagi kepentingan anak cucu penerus bangsa untuk bisa mendapatkan lingkungan yang sejuk, bersih dan sehat. 

Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan, lanjut Peter, mendukung langkah Gerakan Lampung Menghijau dengan penyediaan bibit melalui persemaian permanen, kebun bibit rakyat, dan penyediaan bibit produktif yang semuanya dapat diperoleh masyarakat secara gratis. 

Dan para Direksi BUMN/ BUMD/ BUMS diharapkan dapat terlibat secara nyata dan mandiri dalam mendukung program Gerakan Tanam dan Pelihara 25 Pohon Selama Hidup. 

 “Kami harapkan terjalin kerjasama yang baik oleh seluruh lapisan masyarakat atas dalam upaya meningkatkan kesejahteraan serta melestarikan hutan dan lahan. Selamat bekerja dan berkarya,” demikian Pesan dari Menteri Lingkungan Hidup bagi masyarakat Lampung," kata Pieter.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Syaiful Bachri mengatakan di areal Bumi Perkemahan Pramuka Jatiagung seluas 55 Hektar telah tertanam 19.000 batang pohon dengan jenis berbagai jenis. Antara lain sengon, cempaka, medang, mahoni, gaharu, merbau, jati, mangga, durian, dan jambu.(her-aap). 


Admin

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Selatan.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment