Bupati Nanang Ermanto Buka TMMD ke.120

Bupati Nanang Ermanto Buka TMMD ke.120 Foto. Jito bintangpost.com.

Lampung Selatan (BP) : Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto membuka acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun 2024, yang digelar di Lapangan Bola Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang, kabupaten setempat, Rabu (8/5/2024).

Pada pelaksanaan TMMD ke-120 yang mengusung tema "Dharma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah" tersebut, dihadiri langsung oleh Komandan Kodim 0421/Lamsel Letkol Infantri Esnan Haryadi.

Pada kesempatan itu, Bupati Lamsel mengatakan, sinergi lintas sektoral dapat mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat. Sehingga bisa menjadi semakin kuat, sesuai dengan keinginan bersama.

Baca Juga :

Bupati juga mengungkapkan, kegiatan TMMD selaras dengan agenda Nawacita Presiden RI, khususnya butir ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran untuk memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pembangunan infrastruktur merupakan agenda prioritas. Karena peran strategisnya sebagai roda penggerak pertumbuhan ekonomi serta pemerataan hasil-hasil pembangunan nasional," ujar Bupati.


Sementara itu, Dandim 0421/Lamsel Letkol Infantri Esnan Haryadi mengatakan bahwa, TMMD merupakan program terpadu lintas sektor antara TNI dengan kementerian atau lembaga maupun non pemerintah yang dilaksanakan bersama masyarakat. Dalam rangka mengakselerasi pembangunan kawasan pedesaan. 

"Khususnya pada kawasan tertinggal, terisolasi, perbatasan, kumuh serta kawasan rawan terdampak bencana," ujar Letkol Infantri Esnan Haryadi. 

Kegiatan TMMD ke-120 ini, lanjut Dandim, berlokasi di Desa Budi lestari, Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan yang terdiri dari beberapa sasaran yaitu Fisik dan Non Fisik. 

Baca Juga :

Dia menambahkan, sasaran fisik terdiri 7 titik, antara lain membuat badan jalan baru onderlagh penghubung Budi Lestari ke Embung Waysari yang tidak ada akses jalan. Kemudian membangun bronjong sepanjang 25 M, membangun jembatan penghubung Dusun Sraten, membangun gorong-gorong 5 M, pembangunan jembatan dan talut Dusun Budi Daya. Serta rehab masjid Baiturrahman, dan pembuatan sumur bor sebanyak 3 titik. 

"Sementara sasaran non fisik diantaranya, Penyuluhan Wasbaang, Bela Negara, kesehatan, hukum dan Kamtibmas, Bahaya Narkoba, penyuluhan KB Kes, pertanian dan perikanan,  lingkungan hidup, stanting dan Radikalisme," terang Dandim.

Kegiatan ini tidak hanya pembangunan fisik belaka, namun sejatinya pembangunan manunggal yang melibatkan seluruh sektor TNI maupun pemerintah daerah dan masyarakat. Dan ini adalah sebuah kerja sosial bersama-sama. Keberhasilan dari TMMD ini ketika TNI, Polri dan Pemerintah bersama-sama masyarakat membangun wilayahnya," pungkasnya.

Sementara itu, Mahbud selaku Kades Budi Lestari pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Bupati Lamsel dan Dandim 0421/Lamsel, atas akan di bangunnya akses jalan di Desa Budi Lestari.

Atas nama pribadibdan masyarakat Desa Budi Lestari saya mengucapkan banyak terimakasih. Karena dengan di bangunanya akses jalan ini kami sangat terbantu. Apalagi jalan ini memang sudah lama sangat di nantikan oleh warga kami," ungkapnya. (Jito)








     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Selatan.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment