Pelatihan Jurnalistik Menginspirasi Peserta Untuk Mengembangkan Potensi

Pelatihan Jurnalistik Menginspirasi Peserta Untuk Mengembangkan Potensi Foto. Gus bintangpost.com.

Pringsewu (BP) : Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung mengadakan Pelatihan Jurnalistik dalam kegiatan Forum Cendikiawan di aula FKIP UMPRI, Sabtu (10/6/2023).

Masykur Albanin selaku PK IMM FKIP kepada media menyampaikan, pelatihan jurnalistik yang diadakan ini sukses memotivasi peserta untuk mengembangkan potensi mereka dalam bidang jurnalistik. 

Selain itu, kata dia, pelatihan yang diikuti oleh 32 peserta dari berbagai latar belakang ini, mampu juga memberikan inspirasi serta keterampilan yang diperlukan untuk meraih kesuksesan dalam dunia jurnalistik.

"Selama pelatihan satu hari ini, para peserta terlibat dalam sesi pembelajaran yang intensif tentang prinsip-prinsip jurnalistik, teknik penulisan berita, dan perkembangan terbaru dalam industri media. Namun yang paling penting, adalah atmosfer yang inspiratif dan motivasional yang diciptakan selama pelatihan," tuturnya.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/8216/pertama-di-lampung-uap-buka-prodi-keperawatan-program-magister

http://bintangpost.com/read/8208/kompas-iptek-kabupaten-pringsewu-tahun-2023

Sementara itu, salah satu peserta Oktaviani mengungkapkan, melalui pelatihan ini, dirinya sangat termotivasi untuk mengembangkan kemampuan menulis.

"Pelatihan ini benar-benar mengubah cara pandang saya tentang jurnalistik. Saya merasa sangat termotivasi untuk mengembangkan kemampuan menulis saya dan menerapkan prinsip-prinsip jurnalistik yang baik dalam pekerjaan saya.

Selama pelatihan, dia mengakui bahwa diberikan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan yang di peroleh melalui latihan praktis dan penugasan yang menantang. Dan juga didorong untuk berbagi pendapat, ide, dan pengalaman sesama peserta, menciptakan atmosfer kolaboratif dan mendukung yang mendorong kami untuk tumbuh dan belajar bersama.

"Diskusi kelompok dan umpan balik dari instruktur benar-benar membantu saya untuk melihat potensi saya sebagai jurnalis. Saya merasa didukung dan diberdayakan untuk terus mengembangkan keterampilan saya," terangnya.


Hal senada juga disampaikan Declara Puspameta yang juga sebagai salah satu peserta bahwa, dirinya memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Karena kegiatan tersebut sangat memotivasi sebagai calon jurnalistik dan memberikan contoh karya tulis kepada pembaca sehingga kami lebih semangat.

Selain itu, para peserta juga merasa termotivasi dan siap untuk menghadapi tantangan dalam dunia jurnalistik. Peserta juga memiliki keyakinan baru dalam keterampilan mereka dan siap untuk menghasilkan karya-karya jurnalistik yang berkualitas.

"Harapannya, pelatihan semacam ini akan terus diadakan untuk menginspirasi dan memotivasi generasi muda yang berbakat dalam dunia jurnalistik. Pelatihan jurnalistik ini telah membuktikan bahwa dengan motivasi yang tepat dan lingkungan yang mendukung, peserta dapat meraih potensi penuh mereka dalam dunia jurnalistik," pungkasnya.

Diketahui, pemateri pelatihan jurnalistik Wagiman, SE selaku Wartawan Madya PWI DKI yang menyampaikan tentang pelatihan dasar-dasar jurnalistik terhadap peserta. Dan juga mengajak para peserta yang berminat menjadi jurnalis profesional maupun mereka yang ingin menggunakan keterampilan jurnalistik dalam profesi atau kegiatan lainnya.

Dia juga memberikan motivasi peserta untuk menjadi seorang wartawan dan juga sebagai aktifis, harus rajin menulis dan pandai berkomunikasi. Karena prinsip dasar jurnalistik yaitu, Menjelaskan prinsip-prinsip inti jurnalistik, seperti kebenaran, objektivitas, keadilan, dan independensi. (Gus)














    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pringsewu.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment