Seminar Seruan Pers HPN 2023, Ini Harapan Ketua Dewan Pers

Seminar Seruan Pers HPN 2023, Ini Harapan Ketua Dewan Pers Foto. Red bintangpost.com.

Medan (BP) : 'Kebebasan Pers harus disertai sikap bertanggung jawab, dengan demikian produk jurnalistik dapat optimal dalam mengawal kepentingan publik.'

Hal itu dikatakan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, dalam seminar seruan pers dari Sumatera Utara, Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Hotel Grand Mercure, Medan, Sumatera Utara, Selasa (7/2/2023).

"Tak bisa dipungkiri, bahwa kebebasan pers sudah semakin maju, tetapi juga harus dibarengi dengan sikap bertanggung jawab," ujarnya.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7932/hpn-2023-usman-kamsong-sambut-generasi-emas-indonesia-dengan-literasi-digital

http://bintangpost.com/read/7927/sulam-jelujur-mendunia-bupati-pesawaran-ciri-khas-pesawaran

Ninik mengungkapkan, negara demokrasi memiliki dua prinsip, yakni kebebasan dan kemerdekaan serta keterlibatan publik, serta parameter dari demokrasi.

"Sementara parameter juga jelas, misalnya pemerintahan yang dijalankan secara akuntable, rotasi kekuasaan, serta keterbukaan rekrutmen politik. Kemudian pemilu yang terselenggara dengan baik dan terpenuhinya hak dasar masyarakat untuk menyatakan pendapat, berserikat, serta masyakat dapat menikmati pers yang bebas," ucap Ninik.

Dia juga berpesan, agar seluruh wartawan terus meningkatkan profesionalisme dalam kerja jurnalistik, agar kepentingan publik untuk mendapat informasi dapat terpenuhi dengan baik.

"Wartawan harus kompeten. Dan kompetensi itu dapat menjadi pedoman dalam menyajikan pemberitaan," tuturnya. (red)








    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Nasional.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment