Pantarlih Pemilu 2024 KPU Pesawaran Dibuka

Pantarlih Pemilu 2024 KPU Pesawaran Dibuka Foto. Red bintangpost.com.

Pesawaran (BP) : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran membuka pendaftaran petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu tahun 2024. 

Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino mengatakan, petugas Pantarlih adalah seorang yang bertugas melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu dan Pemilihan yang nantinya akan tercantum di Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Dan Pantarlih ini, kata dia, dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

"Penerimaan pendaftaran dimulai dari tanggal 26-31 Januari 2023. Kemudian dilanjutkan dengan penelitian administrasi yang dijadwalkan mulai 27 Januari 2023 sampai dengan 2 Februari 2023," ujar Yatin, Minggu (29/1/2023).

Sementara untuk pengumuman hasil seleksi calon Pantarlih, pada 3-5 Februari 2023, dan penetapannya pada 5 Februari 2023. Lalu dilanjutkan dengan pelantikan yang dijadwalkan pada 6 Februari 2023 mendatang, timpalnya. 

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7848/ribuan-calon-pps-ikuti-tes-tertulis-kpu-pesawaran

http://bintangpost.com/read/7904/bupati-pesawaran-minta-anggota-pps-harus-bekerja-sebaik-mungkin

Yatin menjelaskan, dalam seleksi calon Pantarlih itu melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) diseluruh desa yang ada di 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran secara terbuka. Dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian. 

"Penerimaan berkas hingga penelitian administrasi itu dilaksanakan oleh PPS. Karena itu, bagi masyarakat yang hendak mendaftar sebagai calon Pantarlih bisa mengajukan berkas pendaftarannya ke PPS di masing-masing wilayahnya," ucapnya. 

Dia menambahkan, Pantarlih Pemilu 2024 itu dibentuk oleh PPS dan berkedudukan di lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap desa. Untuk itu, setiap TPS akan memiliki satu orang Pantarlih yang diangkat oleh PPS atas nama KPU Kabupaten Pesawaran. 

"Jadi Pantarlih ini bertugas untuk melaksanakan penelitian dan juga pencocokan untuk data pemilih yang ada. Dalam rangka membantu pekerjaan KPU, PPK, dan PPS, dalam melakukan pemutakhiran data pemilih dan juga melakukan penyusunan data," terangnya.

Penerimaan Pantarlih ini juga sesuai dengan TPS yang ada di Bumi Andan Jejama. Dam pada pemilu 2024 ini, jumlah TPS kita terdapat 1395 TPS yang telah kita ajukan ke KPU RI. Jadi kita membutuhkan Pantarlih sejumlah itu juga, pungkasnya. (doy)








     

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Pesawaran.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment