Musdesus Desa Fajar Baru Tetapkan 35 KPM Penerima BLT-DD Tahun 2023

Musdesus Desa Fajar Baru Tetapkan 35 KPM Penerima BLT-DD Tahun 2023 Foto. Jito bintangpost.com.

Lampungselatan (BP) : Pemerintah Desa (Pemdes) Fajar Baru menetapkan 35 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2023 desa setempat. 

Hal itu diketahui, dalam Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Desa Fajar Baru, denham agenda penetapan KPM BLT-DD, yang di gelar di balai desa setempat, Jumat (13/1/2023).

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Fajar Baru M. Agus Budiantoro mengungkapkan, penetapan 35 KPM tersebut setelah dilakukan verifikasi dan validasi terhadap warga yang diusulkan melalui musyawarah ditingkat dusun.

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/7860/jumat-curhat-quick-wins-presisi-di-kecamatan-sidomulyo

http://bintangpost.com/read/7854/dampingi-tim-verifikasi-babinsa-way-hui-cek-warga-calon-penerima-blt-dd-2023

Dia juga menjelaskan, verifikasi dan validasi tersebut dilakukan oleh tim gabungan, yang terdiri dari aparat Desa serta pihak kecamatan. Seperti BPD, RT, Kadus, Pendamping Kecamatan. Dengam dibantu oleh babinsa dan Babinkamtimas Desa setempat.

"Dalam verifikasi ini, tim turun langsung dari rumah ke rumah warga yang di usulkan. Untuk melihat langsung, layak tidak warga yang diusulkan, sesuai kreteria dan petunjuk aturan yang di tetapkan pemerintah pusat, agar tepat sasaran," terangnya.


Agus juga berharap, kepada calon warga penerima Keluarga penerima manfaat BLT-DD tahun 2023 ini, agar nantinya dapat di pergunakan sesuai dengan kebutuhan keluarga. Atau untuk nambah modal usaha, seperti berternak ayam, agar bisa berkembang lagi.

"Jangan untuk foya-foya. Tapi gunakan untuk kebutuhan keluarga yang bermanfaat. Karena tahun ini, pihak desa hanya bisa menyalurkan maksimal 25? anggaran dari dana desa, sesuai keputusan pemerintah pusat," ungkapnya.

Sementara itu, menurut Kasi Ekobang Andi Darmawan yang didampingi Pendamping Kecamatan dan Pendamping Lokal Desa menambahkan, penerima BLT-DD tahun 2023 ini jumlah berkurang dari tahun sebelumnya. Dimana pada tahun 2022 lalu, jumlah KPM BLT-DD Desa Fajar Baru sebanyak 145 KPM. Sedangkan untuk tahun 2023, hanya sebanyak 35 KPM, sesuai hasil verifikasi dan validasi yang di tetapkan oleh Badan Pemerintah Desa (BPD) setempat.

"Bantuan ini tujuannya untuk meningkatkan ekonomi keluarga miskin, tapi semua harus mengikuti ketentuan yang sudah menjadi keputusan pusat. Diantaranya penyakit ekstrim, difabel, penyakit menahun dan KK tunggal yang harus diperioritaskan sesuai peraturan pemerintah pusat. Untuk itu kami berharap, supaya bantuan ini, dapat di pergunakan sebaik baiknya oleh warga penerima manfaat bantuan ini," ungkapnya. (Jito)









    

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Lampung Selatan.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment