Rugikan Negara, Mantan Kepalo Tiyuh Candra Kencana Kembalikan Uang ke Kas Tiyuh

Rugikan Negara, Mantan Kepalo Tiyuh Candra Kencana Kembalikan Uang ke Kas Tiyuh Foto. Net.

Tubaba (BP) : Dari sebanyak 93 Tiyuh yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), ada dua mantan Kepalo Tiyuh yang harus mengembalikan dana tiyuh yang merugikan negara hingga ratusan juta rupiah akibat kesalahan penggunaan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021.

Kedua mantan Kepalo Tiyuh tersebut diantaranya Tiyuh Tirta Makmur dan Tiyuh Candra Kencana Kecamatan Tulang Bawang Tengah kabupaten setempat.

Hal itu diungkapkan Sekertaris Inspektorat Kabupaten Tubaba, Iwansyah, kepada media ini, Kamis (2/6/2022).

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/6780/gubernur-arinal-djunaidi-melantik-pj-bupati-tubaba

http://bintangpost.com/read/6852/ramah-tamah-dprd-tubaba-bersama-pj-bupati

Menurut dia, kesalahan penyalahangunaan Dana Desa itu berdasarkan hasil investigasi pemeriksaan dana desa tahun 2021, yang dilakukan pihaknya. Dan dari kedua Tiyuh tersebut, baru Tiyuh Candra Kencana yang sudah mengembalikan ke Kas Tiyuh.

"Pengembalian dana itu sesuai dengan perjanjian MS, dihadapan perwakilan Tiyuh setempat dan disaksikan pihak inspektorat. Dan dibuktikan dengan bukti transfer dan buku Kas yang telah diterima oleh Irban investigasi sesuai jumlah uang yang terhutang," terangnya.

Dan karena alasan tersebut, lanjut dia, kasus ini tidak berlanjut ke APH. Dan setelah dikembalikan ke rekening Tiyuh Candra Kencana, dana itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengelola anggaran, yakni Kepalo Tiyuh saat ini.

"Sementara untuk Tiyuh Tirta Makmur, kita masih tunggu," ujarnya.

Iwansyah juga berharap, anggaran yang dikembalikan oleh mantan Kepalo Tiyuh  sebesar Rp146 juta ini, agar dapat digunakan sesuai aturan. Agar kesalahan penggunaan DD ini tidak terulang kembali di tahun depan.

"Dana ini bisa dijadikan Silpa atau kegiatan lain. Dan kita akan lihat kedepannya komitmen dari Kepalo Tiyuh yang menjabat sekarang ini. Dan Inspektorat memastikan, akan mengawal penggunaan dana tersebut untuk apa. Kalo tidak berjalan, itu bisa menjadi temuan seperti tahun sebelumnya," ungkapnya. (her)

Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Tulang Bawang Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment