Berkunjung Ke Tubaba, Anies Baswedan Dapat Gelar Adat Lampung

Berkunjung Ke Tubaba, Anies Baswedan Dapat Gelar Adat Lampung Foto. Heri bintangpost.com.

Tubaba (BP) : H. Anies Rasyid Baswedan, yang merupakan Gubernur DKI Jakarta, mendapatkan gelar Adat Lampung 'Tuan Penata Negarou', saat mengunjungi Bumi Ragem Sai Mangi Wawai Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung. 

Gelar Adat tersebut diberikan langsung oleh Ketua Federasi Adat Marga Empat Kabupaten Tubaba Herman Artha ini, berlangsung di Sesat Agung Kelurahan Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah kabupaten setempat, Minggu (8/5/2022).

Baca Juga :

http://bintangpost.com/read/6633/bupati-umar-ahmad-beri-penghargaan-purna-tugas-tenaga-pendidik-pemkab-tubaba

http://bintangpost.com/read/6494/dprd-tubaba-gelar-rapat-paripurna-istimewa-memperingati-hut-ke13-kabupaten-tubaba

Setelah pemberian gelar, selanjutnya diberikan pula piagam atas pemberian gelar tersebut kepada Anies Rasyid Baswedan. Dan juga pembacaan skep berdasarkan hasil keputusan Pepung Adat Marga Empat Kabupaten Tubaba pada hari Jumat 29 April 2022 lalu di Sesat Agung Bumi Gayo kabupaten setempat.


Usai prosesi adat kehormatan Lampung Pepadun pemberian gelar kehormatan tersebut, Anies Baswedan menyampaikan kebahagian tersendiri bagi dirinya. Dimana dia bisa menginjakkan kakinya kembali di Kabupaten Tubaba, setelah pertama kali datang ke Kabupaten Tubaba pada tanggal 11 November 2010 guna menjalankan sebuah program yaitu Indonesia Mengajar. 

"Saat itu Kabupaten Tubaba masih baru, kita bekerja bersama untuk memajukan pendidikan melalui program Indonesia Mengajar. 12 Tahun kemudian saya hadir kembali kesini, dan saya menyaksikan begitu banyak kemajuan yang telah terjadi di Kabupaten ini," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga mengapresiasi masyarakat Kabupaten Tubaba, khususnya kepada para tokoh-tokoh adat, pimpinan masyarakat adat, yang telah memberikan amanah kepada dirinya untuk mengemban gelar kehormatan yang diberikan ini.

"Hal ini tidak pernah terbayangkan oleh saya. Dan saya sangat berterimakasih dan menyambut dengan bangga kehormatan yang diberikan ini," ucapnya.


Sementara itu, Bupati Tubaba Umar Ahmad yang hadir dalam keSpatan tetsebut mengatakan, proses-proses yang dilakukan pada hari ini adalah proses untuk mencari sosok yang baik dan layak bagi Kabupaten Tubaba.

Orang-orang yang memegang teguh prinsip, lanjut Umar Ahmad, atau nilai-nilai Nemen (Pekerja keras), Nedes (Tidak kenal menyerah), dan Nerimo (ikhlas). 

"Semua nilai-nilai itu saya lihat ada di Pak Anies. Oleh karenanya dalam proses perjalanan sepuluh tahun ini, saya rasa hari ini merupakan hari yang tepat untuk memberikan sebuah kehormatan atas semua perjalanan yang telah dijalani oleh Pak Anies," tuturnya.

Menurut Bupati, hal ini tidak berlebihan, pemerintah dan masyarakat adat memberikan gelar kehormatan ini mengingat Gubernur DKI Jakarta tersebut ikut andil dalam memajukan pendidikan dan sudah sepuluh tahun mengenal Kabupaten Tubaba.

"Semoga apa yang kita lakukan pada hari yang berbahagia ini, tercatat sebagai sebuah silaturahmi yang mendatangkan berkah dan manfaat untuk kita semua. Selalu bekerjasama dalam mengembangkan kepemerintahan yang selama ini telah terjalin. Dan Insya Allah, kemajuan bagi Kabupaten Tulang Bawang Barat akan terus terjadi, dan kebahagiaan akan terus melimpahi warga, dan keberkahan akan bisa melimpah kepada semua yang berada di kabupaten ini," ungkapnya. [Her]


Bintangpost.com

Reporter bintangsaburai.com region Tulang Bawang Barat.

Administrator

bintangsaburai.com

Leave a Comment